Rossi: Akselerasi Yamaha M1 Kini Tak Memalukan Lagi

Kompas.com - 21/09/2019, 20:12 WIB
Valentino Rossi memacu motornya pada sesi kualifikasi MotoGP San Marino di Misano, 14 September 2019. AFP/MARCO BERTORELLOValentino Rossi memacu motornya pada sesi kualifikasi MotoGP San Marino di Misano, 14 September 2019.

ARAGON, KOMPAS.com - Valentino Rossi mengatakan, akselerasi Yamaha YZR-M1 sudah tidak memalukan lagi seperti yang terjadi di GP Aragon tahun lalu, ketika dia dan Maverick Vinales finis di urutan kedelapan dan kesepuluh.

Menurut Rossi, sudah ada perbaikan di bagian elektronik. Tanpa menyebut secara rinci ubahannya, dia menganggap hal itu sangat berpengaruh pada akselerasi motor.

Baca juga: BMW Sambut Gelaran Formula E di Jakarta

"Pengaruhnya dalam balapan terakhir (San Marino), terutama mulai pertengahan musim. Tapi sebetulnya sejak awal musim ini kami berusaha meningkatkan elektronik dalam akselerasi," kata Rossi mengutip Motorsport, Sabtu (20/9/2019).

Selain akselerasi, kata Rossi, hal yang berbeda ialah saat di belokan. Sudut keluar masuk motor lebih baik, dan motor lebih mudah dikendalikan. Hal ini juga salah satu keunggulan karena penggunakan elektronik baru.

Rossi penasaran dengan performa motornya di GP San Marino.MotoGP Rossi penasaran dengan performa motornya di GP San Marino.

"Saat keluar tikungan, tahun lalu di sini perbedaannya dibandingkan dengan motor-motor top. Sekarang sepertinya tidak ada yang istimewa tapi kini lebih baik. Sudut keluar kami lebih baik, dan kami lebih dekat ke produsen lain," katanya.

Baca juga: Sean Gelalel Didorong Jadi Local Hero, Ini Kata Bos Formula E

Selain elektronik baru, sejumlah pengembangan yang dilakukan juga berdampak pada motor. Salah satunya ialah swingarm karbon, knalpot dan aero body baru yang dikembangkan beberapa waktu lalu.

"Ini adalah alasan utamanya, dan setelah kami bekerja seperti yang kamu tahu dengan knalpot, juga dengan pegangan mekanis, dengan swing arm, dan lainnya. Aku pikir ini juga alasannya kita meningkat," kata Rossi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X