Sambut Formula E, Kendaraan Listrik Konvoi Sampai Monas Sore Ini

Kompas.com - 20/09/2019, 14:16 WIB
2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16. 
Sam Bloxham/LAT/Formula E2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut keputusan pelaksanaan balap mobil listrik atau Formula E di Indonesia, beberapa kendaraan listrik berencana akan mengadakan konvoi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat (20/9/2019) sore.

Konvoi ini akan berlangsung pada pukul 15.00 hingga 17.00 WIB, dimulai dari Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) menuju Monas, Jakarta Pusat.

Rute konvoi kendaraan listrik yang diikuti BMW i8 Roadster, Blue Bird, Gesits, Selis, ITS, dan lainnya ini dimulai dari Parkir Timur Senayan keluar melalui pintu FX Sudirman di Jalan Pintu 1 Senayan - Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin - belok kanan di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan berakhir masuk ke Monas melalui pintu Silang Monas Barat Daya.

Baca juga: Anies Pastikan Jakarta Jadi Tuan Rumah Balapan Formula E

BMW i8 Roadster di GIIAS 2019Kompas.com/Setyo Adi BMW i8 Roadster di GIIAS 2019

Sementara itu, lalu lintas dari arah Selatan yakni Blok M atau Senayan menuju utara (Harmoni) dilarang mendahului konvoi. Kendaraan lain masih diperbolehkan mengikuti konvoi dari belakang.

"Akses sepanjang rute konvoi akan dilakukan pengalihan lalu lintas secara situasional dan kendaraan dilarang melintas ketika konvoi sedang berlangsung," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo melalui pesan singkatnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Dalam rangka menyambut Formula E 2020 di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan kegiatan Konvoi Kendaraan Listrik, Jumat sore (20/9) pukul 15.00-17.00. Konvoi dimulai dari Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) menuju Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat . Rute konvoi kendaraan listrik dimulai dari Parkir Timur Senayan keluar melalui pintu FX Sudirman di Jl. Pintu 1 Senayan - Jl. Jenderal Sudirman - Jl. M.H. Thamrin - belok kanan di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan berakhir masuk ke Monas melalui pintu Silang Monas Barat Daya . Maka dari itu, akan dilakukan rekayasa lalu lintas situasional (dilarang melintas ketika konvoi sedang berjalan), kendaraan masih dapat mengikuti di belakang konvoi kendaraan listrik dan dilarang mendahului . Angkutan Transjakarta tetap beroperasi normal, arus lalu lintas dari utara (M. H. Thamrin) ke arah selatan (Jl. Jend. Sudirman) berlaku normal . Dihimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu lalu lintas, dan petunjuk petugas di lapangan. #dishubdkijakarta #rekayasalalin

A post shared by DISHUB PROVINSI DKI JAKARTA (@dishubdkijakarta) on Sep 19, 2019 at 9:03pm PDT

Baca juga: Usulan Ruas Jalan Jakarta yang Cocok Jadi Sirkuit Formula E

Ia juga mengatakan, demi keamanan dan kelancaran jalan akan ada pengawalan dari petugas Polri. Berikut rekayasa lalu lintas yang diberlakukan:

Jalan Asia Afrika atau Jalan Pintu 1 Senayan-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Jenderal Gatot Subroto-Jalan KS. Tubun-dan seterusnya atau menerus Jalan S Parman menuju Tomang-Jalan Tomang Raya-Jalan Kyai Caringin-Jalan Balikpapan-Jalan Suryopranoto-dan seterusnya dengan tetap menyesuaikan pengaturan lalu lintas ganjil-genap.

Pebalap Tim Virgin Racing yang dibayangi Robin Frijns berkompetisi di New York E-Prix Formula E Musim 5 pada 13 Juli 2019 di New York, AS. Raksasa cybersecurity Kaspersky menjadi sponsor resmi tim Envision Virgin Racing untuk tahun kedua berturut-turut.AFP/Getty Images for Kaspersky/Mike Stobe Pebalap Tim Virgin Racing yang dibayangi Robin Frijns berkompetisi di New York E-Prix Formula E Musim 5 pada 13 Juli 2019 di New York, AS. Raksasa cybersecurity Kaspersky menjadi sponsor resmi tim Envision Virgin Racing untuk tahun kedua berturut-turut.

Selama konvoi, angkutan Transjakarta akan tetap beroperasi secara normal, baik dari utara (Thamrin) menuju selatan (Sudirman) maupun lainnya.

"Diimbau untuk pengguna jalan agar mematuhi rambu lalu lintas yang ada, serta petunjuk petugas di lapangan. Semoga berlangsung lancar," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X