Kabut Asap Tidak Bisa Ditembus Lampu LED

Kompas.com - 20/09/2019, 07:12 WIB
Pengendara melintas di Jembatan Kahayan yang diselimuti kabut asap di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (15/9/2019). Kota Palangkaraya kembali diselimuti kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Kalimantan Tengah sehingga menimbulkan aroma yang menyengat dan menggangu aktivitas warga. ANTARA FOTO/RENDHIK ANDIKAPengendara melintas di Jembatan Kahayan yang diselimuti kabut asap di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (15/9/2019). Kota Palangkaraya kembali diselimuti kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Kalimantan Tengah sehingga menimbulkan aroma yang menyengat dan menggangu aktivitas warga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) di Kalimantan berdampak pada lalu lintas. Sebab, visibilitas jadi terganggu karena jarak pandang yang terbatas akibat kabut asap yang tebal.

Kabut asap ini menjadi musuh utama dari kendaraan-kendaraan yang dibekali lampu LED. Sebab, kebanyakan sinar dari lampu LED berwarna putih.

Baca juga: Berkendara Lewat Kabut Asap, Jaga Jarak Pandang dan Jangan Nyalakan Hazzard

Untuk yang tetap memaksa ingin berkendara, ada baiknya untuk hindari pemakaian lampu berwarna putih.

Lampu LED plus DRL. (ilustrasi)Indianautosblog Lampu LED plus DRL. (ilustrasi)

"Salah satu kelemahan LED memang tidak begitu baik saat dihadapi jalan berkabut atau hujan. Pancaran sinar cenderung kalah dengan lingkungan sekitarnya," kata Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Yomin Sugianto, punggawa Yoong Motor, juga mengatakan, sebaiknya menggunakan lampu halogen atau bohlam berwarna kuning.

Baca juga: Berkendara Motor di Kabut Asap, Pakai Sein dan Riding Gear Terang

"Kalau pakai yang warna putih, nanti malah akan memantul. Cahayanya tidak bisa tembus," ujar pria yang akrab disapa Koh Yoong tersebut.

Intensitas cahaya berwarna putih pada lampu LED dengan Kelvin tinggi memang kencang saat cuaca cerah. Namun, tidak maksimal atau bahkan kalah saat berhadapan dengan kabut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X