Anies Pastikan Jakarta Jadi Tuan Rumah Balapan Formula E

Kompas.com - 20/09/2019, 06:32 WIB
Anies Baswedan menyambangi helatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, Jakarta, Kamis (5/9/2019). KOMPAS.com/RulyAnies Baswedan menyambangi helatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan, Jakarta akan menjadi tuan rumah balapan Formula E pada 2020. Segala informasi resmi tentang kegiatan ini bakal diumumkan pada Jumat (20/9/2019).

Dalam acara pertemuan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (19/9/2019), Anies mengatakan, Indonesia berhasil menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E. Bahkan, persiapan pun diklaim sudah selesai dilakukan.

"Inshaallah, tahun depan kita jadi salah satu tuan rumah Formula E. Semua sudah final bulan lalu. Bersama tim Formula E, besok sama-sama akan diumumkan," kata Anies.

Baca juga: Jakarta Sudah Siap Jadi Tuan Rumah Formula E

Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

Anies pun merasa bangga, Jakarta dipercaya mampu menyelenggarakan ajang Formula E ini. Sebab, kehadirannya sangat penting guna mendorong edukasi kendaraan ramah lingkungan yang akan menjadi masa depan di Indonesia.

"Mobil dan motor punya efek terhadap polusi udara, untuk itu kampanye kendaraan ramah lingkungan sangat penting, salah satunya kendaraan listrik melalui ajang Formula E. Bagi Jakarta, ini juga merupakan langkah untuk berada di orbit global," ujarnya.

Baca juga: Plus Minus Balapan Formula E di Jakarta Menurut Moreno Soeprapto

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

"Mulai kemarin, hari ini, dan besok, tim pimpinan Formula E akan berada di Jakarta. Kita membicarakan aspek teknis final lebih jauh untuk mempersiapkan pelaksanaan Formula E," kata Anies lagi.

Salah satu tim balap yang ikut dalam ajang Formula E 2018.Formula E Salah satu tim balap yang ikut dalam ajang Formula E 2018.

Wacana penyelenggaraan Formula E di Jakarta pada 2020 sebelumnya mencuat saat Anies dan timnya melakukan kunjungan kerja ke New York, Amerika Serikat (AS) pada awal Juli 2019.

Tetapi, saat itu ia mengaku belum bisa menjelaskan rinciannya karena menunggu finalisasi dari pihak Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Baca juga: Prasetio Edi dan IMI Temui Anies Minta Formula E Segera Ditindaklanjuti

2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16. 
Sam Bloxham/LAT/Formula E 2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16.

Bicara mengenai jadwal Formula E musim 2019/2020, sebenarnya telah ditetapkan. Di mana, balapan akan dimulai di Arab Saudi pada 22 November 2019 dan berakhir di London, Inggris, pada 26 Juli 2020.

Sebagai informasi, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dipercaya sebagai penyelenggara balapan Formula E di Indonesia yang dimulai tahun depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X