Trik Ringan Jaga Kecerahaan Warna Cat Mobil

Kompas.com - 15/09/2019, 11:01 WIB
Ilustrasi mencuci mobil Hakase_Ilustrasi mencuci mobil
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS. com - Memasuki musim kemarau, umumnya debu di jalan raya akan lebih meningkat dari biasanya. Karena itu, pemilik mobil wajib menjaga kebersihan kendaraan, terutama pada sektor eksterior.

Perlu diingat, debu yang melekat pada bodi mobil berpotensi merusak tampilan ekterior, contoh mengakibatkan bodi mobil tergores atau mengalamai baret halus. Karena itu diwajibkan pemilik mobil untuk rajin mencuci kendaraannya.

"Paling mudah dengan rutin mencuci mobil, ini merupakan perawatan kendaraan paling dasar. karena dengan mencuci otomotis debu dan kotoran lainnya yang melekat pada bodi akan hilang." ucap Kepala Bengkel Body and Paint Auto2000 Singosasri Buddy Sukmawan kepada Kompas.com. Sabtu (14/9/2019).

Baca juga: Pilih Lap Microfiber untuk Bersihkan Bodi Mobil

Cuci mobil semi manualKOMPAS.com/Gilang Cuci mobil semi manual

Dengan kotoran atau debu yang tersapu oleh air, menurut Buddy secara tak langsung juga akan menimbulkan kembali kecerahan pada warna mobil. Tapi bila ingin maksimal, setelah dicuci baknya pamilk mobil memberikan tindak lanjut lainnya.

Seperti melakukan terapi anti-kusam dengan memoles eksterior menggunakan cairan khusus yang memang untuk membersih.

Khusus untuk yang melakukan sendiri, baiknya ketika memoles bodi menggunakan cairan tidak perlu sampai terlalu menekan bodi, cukup permukaannya saja.

Pastikan juga cairan yang digunkaan tidak terlalu banyak menggandung campuran zat kimia, dan paling utama sediakan kain microfiber khusus yang hanya untuk membersihkan bagian eksterior.

Baca juga: Tawaran Bisnis Poles Mobil di Telkomsel IIMS 2019

Poles mobil warna putihdaicare.co.id Poles mobil warna putih

"Memoles sendiri dalam arti melakukan perawatan ringan, bisa juga mengandalkan langsung ke salon. Tapi khusus yang ingi melakukan perawatan sendiri, tolong diperhatikan kain microfiber yang digunakan, pastikan ada yang khusus untuk eksterior dan interior, jangan di gabung," ujar Buddy.

"Kalau mau maksimal memang harus ke salon khusus. Ini penting dilakukan untuk mengembalikan kecerahan warna, minimal pemilik mobil dalam satu tahun sekali atau dua kali itu perlu untuk menjaga kualitas eksterior," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X