Stiker Khusus Disabilitas untuk Ganjil Genap Jangan Sampai Disalahgunakan

Kompas.com - 15/09/2019, 08:02 WIB
Stiker ganjil genap khusus difabel Foto: IstimewaStiker ganjil genap khusus difabel

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberikan pengecualian aturan ganjil genap kepada penyandang disabilitas. Mobil para difabel akan diberikan stiker khusus setelah mendaftar dan menyelesaikan seluruh persyaratan.

Jadi, mobil yang sudah terpasang stiker khusus itu diperbolehkan melintas di ruas jalan yang berlaku pembatasan kendaraan dengan sistem plat nomor ganjil genap.

Baca juga: Stiker Khusus Disabilitas untuk Ganjil Genap Berlaku 1 Tahun

Menurut Budiyanto, Pengamat Masalah Transportasi, jangan sampai stiker itu disalahgunakan. Petugas di lapangan pun harus lebih teliti lagi dalam mengecek kebenarannya.

"Saya kira ini uoaya dan langka yang tepat, dan bagus sebagai bentuk untuk memberikan kepastian serta upaya kontrol jangan sampai stiker itu disalahgunakan," ujar Budiyanto kepada Kompas.com, Minggu (15/9/2019).

Stiker pengecualian ganjil genap khusus difabelIstimewa Stiker pengecualian ganjil genap khusus difabel

Stiker tersebut nantinya ditaruh di mobil sebagai identitas. Untuk mendapatkannya, pemohon bisa mengajukan langsung ke Dishub. Stiker khusus difabel juga memiliki jangka waktu dan harus diperpanjang setiap tahun.

"Jadi setiap tahun harus diperpanjang. Sebab, warnanya nanti berubah-ubah setiap tahunnya," kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap Bukan Solusi, Segera Terapkan Jalan Berbayar

Syafrin mengatakan, setiap stiker mobil hanya berlaku untuk satu (1) mobil yang khusus membawa difabel, dan tidak boleh mengajukan lebih dari satu mobil.

Para pelanggar jalur ganjil genap di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara yang terkena sanksi tilang, Selasa (10/9/2019)KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI Para pelanggar jalur ganjil genap di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara yang terkena sanksi tilang, Selasa (10/9/2019)

Syafrin memberikan kesempatan kepada warga DKI Jakarta yang ingin mengajukan permohonan, untuk menghubungi nomor ponsel Dishub yang bertugas di 0852-8004-0228 dengan Ibu Tasya atau Bapak Mulyadi.

Persyaratan untuk mengajukan permohonan stiker difabel:

- Surat permohonan (format bebas, ditujukan ke Dishub DKI Jakarta)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X