Peluang Rossi Menang di GP San Marino 2019 Setelah Dapat Komponen Baru

Kompas.com - 13/09/2019, 13:01 WIB
Rossi penasaran dengan performa motornya di GP San Marino. MotoGPRossi penasaran dengan performa motornya di GP San Marino.

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi bisa sedikit tersenyum. Sebab, beberapa komponen baru yang diujinya beberapa waktu lalu terbukti memberikan kemajuan pada motor balapnya.

Namun, sepertinya masih belum cukup untuk bisa memastikan podium utama pada GP San Marino menjadi miliknya.

Menurut Rossi, komponen baru tersebut tidak memberikan peningkatan yang signifikan pada performa. Tapi, bisa menjadi acuan yang baik untuk Yamaha dalam meningkatkan motor M1 mereka.

Baca juga: Rossi dan Vinales Bakal Pakai Tiga Komponen baru di GP Misano

Part-part baru tersebut, antara lain swingarm dari serat karbon, knalpot baru, dan peningkatan aerodinamika.

Valentino RossiFoto: Istimewa Valentino Rossi

Kelemahan besar Yamaha adalah tidak konsistennya penggunaan ban belakang saat akselerasi. Selain itu, kecepatan tertingginya juga masih tertinggal dari para kompetitor utamanya.

"Kami mencoba beberapa hal penting. Saya merasa baik, lumayan, ini bukan perbedaan yang besar, tapi saya suka swingarm dan knalpot barunya, sedikit lebih baik untuk karakter mesin," ujar Rossi, dilansir dari Crash.net.

Baca juga: Rossi Keliling di Kampung Halaman Pakai Motor Balap

Pada beberapa seri belakangan ini, Rossi selalu optimis bisa naik podium, tapi nyatanya masih belum cukup kuat melawan rival-rivalnya.

"Kami sudah melakukan tes dan kecepatan saya cukup bagus. Saya merasa cukup baik dengan motor, jadi kami mencobanya dan kami siap. Kita lihat apakah kami cukup kuat untuk bisa bertarung untuk podium," kata Rossi.

Rossi saat meraih kemenangan di GP San Marino 2014.MotoGP Rossi saat meraih kemenangan di GP San Marino 2014.

Selama lima tahun belakangan ini, Rossi baru dua kali naik podium. Kemenangan terakhirnya di sini di raihnya tahun 2014. Sementara di tahun 2016, Rossi finis di urutan kedua. Tahun lalu, Rossi hanya sanggup finis di urutan ketujuh.

Secara statistik, peluang Rossi naik podium tidak terlalu besar. Namun, tetap tidak bisa diprediksi. Sebab, ada alasan mengapa pebalap asal Italia ini dijuluki "The Sunday Rider".

Pada seri sebelumnya di GP Inggris, Rossi sempat berpeluang naik podium. Hanya saja di pertengahan balapan Rossi disalip rekan setimnya, Maverick Vinales.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Crash.net
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X