Simak Daftar Juara GP San Marino 5 Musim Terakhir, Siapa di Musim Ini?

Kompas.com - 13/09/2019, 12:20 WIB
Rossi menang di GP San Marino 2014. MotoGPRossi menang di GP San Marino 2014.

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan di GP San Marino, sirkuit Misano, Italia, selalu menghadirkan pertarungan yang seru. Sebab, pada lima tahun terakhir ini, pebalap yang menginjak podium utama berganti-ganti.

Tahun 2014, menjadi tahun yang spesial untuk Valentino Rossi karena berhasil meraih kemenangan di sirkuit Misano, yang letaknya berdekatan dengan kampung halamannya di Tavullia.

Kemenangan ini menjadi yang kedua kalinya ia raih setelah kembali lagi ke Yamaha dari Ducati.

Marc Marquez menang di GP San Marino.MotoGP Marc Marquez menang di GP San Marino.

Hanya Marc Marquez yang meraih kemenangan dua kali, yakni pada tahun 2015 dan 2017. Di tahun 2015, balapan dimulai dalam kondisi kering. Tak lama kemudian turun hujan, memaksa para pebalap untuk menukar motornya.

Baca juga: Rossi dan Vinales Bakal Pakai Tiga Komponen baru di GP Misano

Di pertengahan balapan, hujan berhenti dan balapan seterusnya berlanjut dalam kondisi kering. Saat itu, Jorge Lorenzo berhasil raih pole position, tapi Marquez yang cerdik membaca situasi dan berhasil menang.

Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Dani Pedrosa, merayakan kemenangannya pada balapan GP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (11/9/2016).MOTOGP.COM Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Dani Pedrosa, merayakan kemenangannya pada balapan GP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (11/9/2016).

Kemenangan di tahun 2016 menjadi milik Dani Pedrosa. Meski demikian, yang menjadi sorotan media justru persaingan panas antara kedua pebalap Yamaha, Rossi dan Lorenzo. Keduanya finis di posisi kedua dan ketiga.

Di tahun 2017, Marquez kembali mendulang kemenangan. Marquez naik ke atas podium ditemani oleh Danilo Petrucci yang saat itu masih di tim satelit Ducati dan Andrea Dovizioso di tim pabrikan Ducati.

Baca juga: Dimas Ekky Masih Absen, Andi Gilang Wildcard di Moto2 Misano

Tahun 2018, Dovi yang berhasil naik podium utama, mengalahkan Marquez. Podium ketiga diisi oleh Cal Crutchlow. Sementara Rossi, hanya sanggup finish di posisi ketujuh. Lorenzo yang sudah bergabung dengan Ducati masih beradaptasi dan finish di urutan ke-17.

Lalu siapakah pemenangnya di musim ini? Menarik untuk disaksikan pada balapan yang akan berlangsung akhir pekan nanti.

Hari ini, Jumat (13/9/2019) dan Sabtu )14/9/2019) adalah jadwal berlangsungnya free practice, dilanjutkan dengan jadwal kualifikasi. Sementara Minggu akan berlangsung race.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X