Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BJ Habibie Sering Naik Motor Dikawal Ajudan

Kompas.com - 12/09/2019, 12:31 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie memang terkenal di dunia kedirgantraan. Namun, beliau juga pencinta otomotif dan termasuk gemar mengendari sepeda motor.

Hal itu seperti disebutkan oleh mantan pengawal pribadi BJ Habibie di acara Breaking News Kompas TV Live mengenai persiapan jelang pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis, (12/9/2019).

Baca juga: Intip Spesifikasi Moge Kesayangan BJ Habibie

"Bapak suka naik motor. Waktu itu jadi kami dampingi di belakang. Kalau tidak, biar bapak aman motornya masih ada di depan. Waktu sama Pak Harto (Soeharto) juga suka naik motor," katanya.

Salah satu bukti kecintaannya pada moge, yaitu foto legendaris BJ Habibie yang saat itu menjabat Menristek membonceng Presiden Soeharto di halaman Istana Negara.

Suzuki Intruder VS400 milik mantan presiden Soeharto masih terawat hingga sekarang.Kompas.com/Donny Suzuki Intruder VS400 milik mantan presiden Soeharto masih terawat hingga sekarang.

Saking populernya foto itu, sempat dikira bahwa motor itu merupakan milik BJ Habibie. Padahal motor Suzuki VS400 Intruder tersebut milik Pak Harto.

Pria kelahiran Parepare, 25 Juni 1936, itu juga diketahui pencinta mobil klasik Mercedes-Benz. Hal itu terungkap dari Kevin Hendrawan, yang pernah berkunjung ke dalam garasi BJ Habibie.

Baca juga: Maleo, Calon Mobil Nasional Garapan BJ Habibie

Vlogger tersebut sukses dibuat takjub dengan banyaknya koleksi mobil BJ Habibie, terutama saat melihat Mercedes-Benz 300 SL Gullwing, coupe legendaris yang diproduksi selama tiga tahun dari 1954 hingga 1957.

"Ini bukan cuma sekadar parkiran, ini kaya basement mall," kata Kevin. "Kalau aku boleh ngomong eyang Habibie ini punya seluruh koleksi Mercy dari sebelum Indonesia merdeka, bahkan semuanya ada di sini, you name it, mau apa aja di sini ada," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com