Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meluncur Siang Ini, Corolla Altis Baru Pakai Platform TNGA

Kompas.com - 12/09/2019, 08:16 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) telah memastikan bila generasi baru dari Corolla Altis akan meluncur di Tanah Air hari ini, Kamis (12/9/2019).

Mobil sedan legendaris Toyota yang bermain di kelas menengah ini, datang dengan ragam perubahan baru yang cukup signifikan. Hal ini bisa dilihat dari Altis baru yang telah meluncur lebih dulu di Thailand.

Sekilas, siluet tampilan desainnya seakan tak banyak berubah. Namun bila diperhatikan lebih detail, Toyota rupanya sudah melakukan renovasi bagian wajah Corolla Altis dengan konsep yang lebih sporty.

Baca juga: Corolla Altis Baru Siap Meluncur, Stok Model Lama Sudah Habis

Tampang generasi ke-12 Corolla ini seakan menyerupai Camry dengan gril dan bumper yang lebih lebar. Sementara kap mesin dan lekukan samping dikemas dengan sudut yang lebih tajam untuk mengentalkan sisi agresifnya.

Toyota Corolla Altis 2019 Toyota Corolla Altis 2019

Menilik dari spesifikasi yang ada di Thailand, rupanya Altis baru masih tetap mengusung mesin berkubikasi 1.800 cc denga kode 2ZR-FBE 4-silinder. Mesin VVT-i tersebut diklaim mampu menyuplai tenaga sebesar 40 tk dan torsi maksimal hingga 177 Nm.

Bahkan Altis di Thailand pun juga memiliki versi hybrid dengan kubikasi mesin yang sama dengan model konvensional. Versi Corolla beeteknologi hibrida sebelumnya juga sudah diberitakan bakal masuk Indonesia oleh Operation Manager Auto2000 Wilayah DKI 1 Biyouzmal, pada bulan lalu.

Bila benar demikian, berarti Altis Hybrid akan memiliki jantung tenaga yang sama dengan CH-R Hybrid, yaitu Atkinson 2ZR-FXE 1.8-liter VVT-i bertenga dengan 98 tk dengan torsi 142 Nm. Motornya listrik mengaplikasi Permanent Magnet Synchronous, dengan daya 600 volt yang dikalim bisa menghasillan tenaga 72 tk dan torsi 163 Nm.

Baca juga: Produksi Hybrid Toyota Pertama di Indonesia antara MPV dan SUV

Toyota All New Corolla Altis lebih dulu diluncurkan di Thailand pada 3 September 2019toyota.co.th Toyota All New Corolla Altis lebih dulu diluncurkan di Thailand pada 3 September 2019

Namun di Thailand sendiri, Corolla Altis meluncur dengan tiga piluhan hybrid. Sementara untuk Indonesia, sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa model serta berapa kisarannya.

Pastinya, meski secara desain tak berubah signifikan, tapi generasi baru Altis sudah telah banyak mengalami perubahan dari sisi struktur. Hal ini lantaran penggunaan platfrom baru, yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA).

Bagi loyalis Altis yang penasaran dengan harga beserta detail perubahan lengkapnya, simak terus lanjutan beritanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com