Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kelebihan Rangka eSAF pada Motor Honda

Kompas.com - 11/09/2019, 09:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan teknologi rangka baru untuk sepeda motornya, disebut Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Saat ini, baru Honda Genio saja yang menggunakan untuk produk di Indonesia.

GM Plant AHM Cikarang Dodi Sutriadi, menyatakan teknologi yang sudah diuji pengembangannya dalam satu tahun terakhir, sampai dilirik oleh Honda Thailand dan Vietnam.

"Sebab ini baru kali pertama digunakan di Indonesia, mereka ingin tahu lebih banyak," katanya di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).

Lebih jauh, berikut 4 kelebihan penggunaan rangka eSAF:

Baca juga: Komponen Honda Genio Tidak Bisa Kanibal dengan BeAT

Produksi sepeda motor HondaKOMPAS.com/Ruly Produksi sepeda motor Honda

1. Lebih Ringan

Pembuatan rangka ini bukan lagi menggunakan pipa tetapi pelat baja yang ditekuk dan dipres, kemudian di las laser sehingga ada lipatan atau tulang di sisi-sisinya.

Sebanyak 34 komponen dihilangkan dalam penggabungan ini, sehingga rangka tampak lebih simpel. Secara bentuk, rangka hanya terdiri dari rangka utama (underbone) dan tambahan dua tulang bagian belakang (sub frame).

Karenanya, bobot rangka jadi lebih ringan 8 persen dibanding rangka skutik Honda sebelumnya.

"Rangka yang lebih ringan ini membuat pengendaraan menjadi lebih nyaman dan mudah khususnya ketika bermanuver. Bobot motor juga berkurang, atau tidak berat," kata Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Rangka eSAF yang dipakai Honda GenioFoto: dok.AHM Rangka eSAF yang dipakai Honda Genio

2. Lebih Kuat dan Minim Deformasi

Meskipun lebih ringan, eSAF diklaim memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan rangka sebelumnya, karena menggunakan bahan steel atau baja.

"Berdasarkan uji internal, sasis lebih tahan dari defleksi atau pembengkokan saat dikendarai. Rangka lebih kaku dan kuat," kata Makoto Dohi, Asistant Chief Engineer Department 2, Product Development Division #1 Honda R&D Co Ltd pada kesempatan terpisah.

Baca juga: Rangka Honda Genio Bisa Dipakai Motor Listrik

Lalu, proses penyatuan yang menggunakan alat las laser (laser welding) juga diyakini bisa meminimalisir deformasi atau perubahan bentuk. Maka, waktu produksi menjadi lebih efisien.

"Sebelum menjadi satu kesatuan rangka, ada enam bagian sisi frame. Penyatuan dilakukan penggunakan laser welding, di mana secara kualitas lebih baik dan tidak mempengaruhi komposisi frame bodinya. Deformasi juga bisa dibilang hampir tidak ada," ujar Dodi.

Harga Aksesori Resmi Honda GenioFoto: dok.AHM Harga Aksesori Resmi Honda Genio

3. Meningkatkan Kapasitas Tangki dan Bagasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com