4 Kelebihan Rangka eSAF pada Motor Honda

Kompas.com - 11/09/2019, 09:42 WIB
Tes Honda Genio Foto: Yudi MalehaTes Honda Genio

CIKARANG, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan teknologi rangka baru untuk sepeda motornya, disebut Enhanced Smart Architecture Frame ( eSAF). Saat ini, baru Honda Genio saja yang menggunakan untuk produk di Indonesia.

GM Plant AHM Cikarang Dodi Sutriadi, menyatakan teknologi yang sudah diuji pengembangannya dalam satu tahun terakhir, sampai dilirik oleh Honda Thailand dan Vietnam.

"Sebab ini baru kali pertama digunakan di Indonesia, mereka ingin tahu lebih banyak," katanya di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).

Lebih jauh, berikut 4 kelebihan penggunaan rangka eSAF:

Baca juga: Komponen Honda Genio Tidak Bisa Kanibal dengan BeAT

Produksi sepeda motor HondaKOMPAS.com/Ruly Produksi sepeda motor Honda

1. Lebih Ringan

Pembuatan rangka ini bukan lagi menggunakan pipa tetapi pelat baja yang ditekuk dan dipres, kemudian di las laser sehingga ada lipatan atau tulang di sisi-sisinya.

Sebanyak 34 komponen dihilangkan dalam penggabungan ini, sehingga rangka tampak lebih simpel. Secara bentuk, rangka hanya terdiri dari rangka utama (underbone) dan tambahan dua tulang bagian belakang (sub frame).

Karenanya, bobot rangka jadi lebih ringan 8 persen dibanding rangka skutik Honda sebelumnya.

"Rangka yang lebih ringan ini membuat pengendaraan menjadi lebih nyaman dan mudah khususnya ketika bermanuver. Bobot motor juga berkurang, atau tidak berat," kata Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Rangka eSAF yang dipakai Honda GenioFoto: dok.AHM Rangka eSAF yang dipakai Honda Genio

2. Lebih Kuat dan Minim Deformasi

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X