[POPULER OTOMOTIF] Perluasan Ganjil Genap | Airbag di Baju Balap MotoGP

Kompas.com - 10/09/2019, 06:02 WIB
Salah satu pengendara menandatangani surat tilang karena kendaraannya terjaring operasi ganjil genap di Traffic Light Tomang Raya, Jakarta Barat, Senin (9/9/2019). Kompas.com/ B. M. Wahanaputra LadjarSalah satu pengendara menandatangani surat tilang karena kendaraannya terjaring operasi ganjil genap di Traffic Light Tomang Raya, Jakarta Barat, Senin (9/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Topik awal pekan ini yang langsung menjadi pusat perhatian masyarakat, yakni mulai diberlakukan perluasan ganjil genap di sejumlah jalan di DKI Jakarta.

Perluasan aturan kendaraan berdasarkan plat nomor ganjil genap itu dimulai per Senin 9 September 2019. Selanjutnya, yang tak kalah menarik lagi adalah informasi mengenai airbag di baju balap MotoGP.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Senin 9 September 2019:

1. Ingat, Perluasan Ganjil Genap Dimulai Hari Ini

Polisi berjaga di kawasan ganjil genap di Fatmawati, Jakarta SelatanKOMPAS.com/Gilang Polisi berjaga di kawasan ganjil genap di Fatmawati, Jakarta Selatan

Perluasan pembatasan kendaraan dengan sistem plat nomor ganjil genap resmi diberlakukan hari ini, Senin (9/9/2019). Aturan ini sesuai dengan Instruksi Gubernur ( Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 mengenai Pengendalian Kualitas Udara.

Kini ada 25 ruas jalan di Jakarta yang terkena dampak ganjil genap. Rinciannya terdiri dari sembilan ruas lama ditambah dengan 16 ruas baru.

Selain tambahan ruas baru, ada beberapa perubahan lain pada perluasan ganjil genap. Pertama mengenai waktu penerapan yang bertambah satu jam pada sore hari, dari sebelumnya selesai pukul 20.00 WIB, kini menjadi 21.00 WIB.

Ubahan lainnya, yakni mengenai penghapusan pengecualian di persimpangan terdekat sampai dengan pintu masuk atau keluar tol. Dengan demikian, bila mobil masuk atau kelur tol dengan pelat nomor yang berbeda maka juga akan ditindak.

Baca juga: Ingat, Perluasan Ganjil Genap Dimulai Hari Ini

2. Airbag di Baju Balap MotoGP, Lebih Cepat dari Kedipan Mata

Konsep airbag untuk pemotor yang menyelebungi seluruh badan riderYoutube Konsep airbag untuk pemotor yang menyelebungi seluruh badan rider

Baju balap dengan tambahan airbag mulai dipakai di MotoGP pada musim 2018. Dengan adanya airbag diharapkan risiko fatal jika terjadi kecelakaan dapat ditekan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X