Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2019, 11:04 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai pemegang merek dari Esemka akan merilis mobil yang bermain di segmen niaga ringan, yakni Bima 1.2 dan 1.3, Jumat (6/9/2019).

Proses peluncuran mobil yang akan menjadi kendaraan pikap ringan tersebut, dilakukan langsung di pabrik Esemka yang berada di Jalan Raya Demangan, Sambi-Boyolali, Jawa Tengah.

Baca juga: Bocoran Harga Esemka Bima yang Meluncur Hari Ini, Cuma Rp 100 Jutaan

Tahap awal, Bima 1.2 dan 1.3 akan dipasarkan di daerah-daerah pinggiran atau desa. Melihat hal ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengatakan bila mobil niaga Esemka bisa memiliki fungsi lebih nantinya.

Pabrik perakitan Esemka, PT Solo Manufaktur KreasiStanly Ravel/Kompas.com Pabrik perakitan Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi

"Saya pikir ini bagus ya, Esemka ini punya peluang karena harganya kompetitif. Selain itu, mobil ini kan juga multifungsi karena bisa dijadikan juga sebagai angkutan penumpang," ujar Budi kepada wartawan di Boyolali, Jumat (6/9/2019).

Mobil angkutan penumpang yang dimaksud Budi tak lain adalah transportasi umum layaknya angkotan kota (angkot). Seperti diketahui, angkot saat ini juga banyak yang menggunakan basis pikap.

Baca juga: Esemka Jadi Pabrik Mobil Pertama di Jawa Tengah

Melalui konsep pikap yang juga diusung oleh Esemka Bima, bukan tidak mungkin bila nantinya kendaraan niaga karya anak bangasa ini juga akan ikut dilirik oleh para pengusaha angkot, terutama di daerah-daerah.

"Peluang Esemka untuk angkutan kecil-kecil itu sangat dimungkinkan, termasuk juga untuk kendaraan transportasi online (pengangkut barang)," ujar Budi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com