Komentar Wuling Soal Stasiun Pengisian Baterai Mandiri

Kompas.com - 05/09/2019, 09:22 WIB
Wuling E100 KOMPAS.com/GilangWuling E100

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors belum akan menjual mobil listrik imut Wuling E100 dan E200. Kendati demikian kalaupun keduanya dijual, Wuling belum terpikir untuk membuat stasiun pengisian daya mandiri.

Seperti disebutkan Danang Wiratmoko, Product Planning (SWGM) Wuling Motors Indonesia, mengatakan, keterkaitan mobil listrik dengan komponennya butuh ekosistem industri yang bersinergi satu-sama lain.

Baca juga: Mitsubishi Tunggu Kejelasan Insentif Mobil Listrik

"Kami jual mobil tapi tidak jual bensin. Jadi untuk kendaraan listrik ini juga kasus yang sama. Nantinya provider mobil dan provider listrik itu mungkin ada dua industri yang berbeda atau dua perusahaan yang berbeda," kata Danang, di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Wuling E200KOMPAS.com/Gilang Wuling E200

Danang mengatakan, pihaknya sebetulnya siap-siap saja jika hanya menjual produk tanpa memikirkan layanan purna jual, atau kata Danang, melihat infrastruktur pendukung mobil listrik.

Baca juga: Ini Beda Mobil Listrik Wuling E100 dan E200

"Kita sebetulnya siap saja jual kendaraan listrik, tapi nanti isi daya dimana, kalau colok di rumah "jeglek" bagaimana, kalau macet di jalan mampir kemana, mau numpang charging dimana," katanya.

Danang menekankan, banyak sekali keterkaitan dengan bermacam-macan industri yang nantinya membuat kendaraan listrik sebagai ekosistem. Bukan sekadar menjual produk dan produk itu bakal jalan sendiri.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X