BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan HPM

Catat, Ini 5 Cara Buat Perjalanan Anda Aman dan Nyaman

Kompas.com - 04/09/2019, 13:57 WIB
Ilustrasi berkendara aman dan nyaman SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara aman dan nyaman

KOMPAS.com – Kenyamanan dan keamanan adalah kunci utama dalam menikmati perjalanan. Dengan merasa nyaman dan aman, Anda akan merasa kerasan berada di mobil dalam kondisi apapun.

Saat macet, misalnya. Mood tidak akan memburuk ketika fasilitas di dalam mobil Anda bisa menjadi penghibur lara.

Kemudian pada saat terjadi masalah pada mobil, seperti ban bocor, Anda akan tetap merasa aman jika persiapan membawa ban serep dan alat perkakas telah dilengkapi sebelum perjalanan.

Selain dua cara itu, masih banyak sebenarnya cara untuk membuat Anda aman dan nyaman saat menempuh perjalanan. Kompas.com pun coba merangkumnya sebagai berikut.

1. Gunakan pengharum mobil

Bayangkan, Anda terjebak di sebuah kemacetan panjang yang seakan-akan tidak ada ujungnya. Selain itu, Anda juga dihadapkan dengan bau kabin yang tidak mengenakkan sepanjang perjalanan. Tidak nyaman, bukan?

Sebaliknya, jika kabin mobil terasa wangi dan segar akan bisa membuat berkendara menjadi lebih nyaman.

Baca juga: Wajib Diketahui, Pentingnya Sistem Keselamatan pada Mobil...

Apalagi, saat ini banyak beredar ragam pengharum ruang kabin dengan pilihan aroma yang bisa digunakan sesuai selera.

Melansir Kompas.com, Senin (10/12/2018), tidak ada salahnya melengkapi mobil dengan pewangi, karena selain membuat kabin terasa bersih, adanya pewangi bisa pula menghilangkan bau apek yang tak sedap.

Namun demikian, pemilik mobil baiknya bijak dalam memilih parfum. Jangan sampai aroma tersebut terlalu menusuk sehingga akan menimbulkan wewangian yang berlebih.

2. Sediakan tempat sampah

Tempat sampah adalah salah satu barang yang wajib berada di dalam mobil. Fungsinya sangat esensial untuk menjaga kebersihan kabin. Misalnya buat membuang bungkus permen, tisu, botol minum sekali pakai, hingga kertas bon bekas.

Tak hanya menjaga kebersihan kabin, dengan adanya tempat sampah di dalam mobil bisa mengurangi kemungkinan Anda membuang sampah di jalan raya. Tentu hal ini akan sangat merugikan orang lain.

Ilustrasi kotak P3K di mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi kotak P3K di mobil

3. Siapkan kotak P3K

Selain menyediakan tempat sampah, Anda juga harus menyiapkan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Adapun manfaat dari benda ini adalah untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin saja bisa terjadi di jalan raya, contohnya kecelakaan lalu lintas.

Di dalam kotak P3K idealnya berisi berbagai perlengkapan luka, mulai dari kasa steril, plester berbagai ukuran, sarung tangan untuk menangani luka perdarahan, antiseptik, gunting, serta obat-obatan pribadi.

4. Ban serep dan perkakas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ban serep dan perkakas akan sangat membantu pengendara jika terjadi masalah pada mobilnya.

Adapun perkakas yang wajib ada di setiap mobil adalah obeng, kunci inggris, tang, palu, pisau serbaguna, lakban, dan senter (lampu penerangan).

Honda Accord KOMPAS.com/Gilang Honda Accord

5. Pilih mobil berkualitas

Pada dasarnya, mobil yang sesuai dengan kebutuhan adalah salah satu kunci utama supaya Anda tetap merasa nyaman. Namun, tak hanya mobil yang sesuai kebutuhan saja, Anda wajib memperhatikan kualitas dan segala fasilitas yang ada pada kendaraan tersebut.

Sebagai contoh mobil keluaran terbaru All New Honda Accord. Kendaraan ini bisa dibilang merupakan mobil yang nyaman untuk digunakan, terutama bagi para pemimpin muda dengan mobilitas tinggi dalam berbisnis.

Baca juga: Biar Nyaman, Perhatikan Posisi Duduk saat Mengemudi Mobil!

Pasalnya, All New Honda Accord telah dilengkapi berbagai fasilitas yang membuat nyaman sang pengemudi dan penumpang yang ada di dalam mobil ini.

Beberapa di antaranya adalah Side Rear Sunshade untuk menghalau sinar matahari dari samping jendela, legroom yang lebih luas, dan Wireless Charger Console with USB Port di dashboard depan, dan 2 USB Charging Port kursi bagian belakang.

Selain itu, All New Honda Accord juga dilengkapi teknologi Wheel Resonator dan Active Noise Cancellation untuk meminimalisasi polusi suara dari luar.

Dengan demikian, Anda akan bisa merasakan kenyamanan dan keamanan berada di mobil kebanggaan.

Selamat berkendara!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya