Toyota Sienta Facelift Tak Ditarget Tinggi Penjualan

Kompas.com - 03/09/2019, 14:02 WIB
Toyota Sienta Facelift resmi meluncur di Indonesia, Senin (2/9/2019) Toyota Sienta Facelift resmi meluncur di Indonesia, Senin (2/9/2019)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota resmi merilis Sienta facelift di Indonesia. Meski hadir dengan sentuhan baru, namun ubahannya terbilang minim karena fokus pada tampilan depan saja serta sedikit tambahan kenyamanan di kabin.

Toyota pun tak mau muluk-muluk menargetkan penjualannya. Dengan model baru yang hanya tersedia dalam tiga varian, yakni G,V, dan Q, MPV pintu geser tersebut masih mengusung target yang relatif sama dengan seblumnya.

"Terkait soal penjualan Sienta ke depannya, kami menargetkan 200 sampai 300 unit per bulan," ucap Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) Fransiskus Soerjopranoto kepada Kompas.com, Selasa (3/9/2019).

Baca juga: Tampil Lebih Segar, Berapa Harga Toyota Sienta Facelift?

Lebih lanjut, pria yang akrab di sapa Soerjo, mengatakan cukup optimis bila dengan tampilan baru Sienta serta peningkatan pada sektor kenyamanannya bisa memberikan dampak positif, khusus dalam menjaring konsumen baru.

Sandaran tangan pada Toyota Sienta facelift Sandaran tangan pada Toyota Sienta facelift

Apalagi secara harga, Toyota tetap membanderol Sienta sama dengan model lawas. Artinya tidak ada kenaikan harga meski kini Sienta memiliki tampilan baru yang lebih fresh.

"Yang kita lakukan saat ini memang untuk konsumen. Perubahan pada tampilan Sienta, lalu penambahan armrest yang kami lakukan juga atas dasar masukan dari konsumen, garis besarnya apa yang kita lakukan guna mengakomodasi kebutuhan dari konsumen dan calon konsumen Sienta," ucap Soerjo.

Melihat dari rekam jejaknya, walau Sienta pernah melambung, tapi semakin tahun penjualan bisa dibilang kian meredup.

Baca juga: Ini Penyebab Toyota Sienta Enggak Laku

Toyota Sienta Facelift resmi meluncur di Indonesia, Senin (2/9/2019) Toyota Sienta Facelift resmi meluncur di Indonesia, Senin (2/9/2019)

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada 2017 total penjualan mencapai 14,968 unit, namun di 2018 langsung merosot hingga 5.113 unit.

Sementara di tahun ini, berdasarkan data Januari hingga Juni, atau semester satu 2019, jumlah wholesales-nya 397 unit. Bila dibagi per bulan, rata-rata sekitar 63 unit.

Dengan target penjualan Sienta facelift antara 200 sampai 300 unit saat ini, artinya sampai akhir 2019, Toyota mengejar penjualan sekitar 800 sampai 1.200 unit Sienta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X