Olah TKP Kecelakaan Cipularang, Awas Macet Ada Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 03/09/2019, 10:59 WIB
Polisi gelar olah TKP kecelakaan beruntun Tol Cipularang Polisi gelar olah TKP kecelakaan beruntun Tol Cipularang
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak kepolisian menggelar olah TKP sebagai bentuk tindak lanjut dari kecelakaan beruntun di Tol Cipularang yang melibatkan 21 kendaraan, Selasa (3/9/2019).

Proses olah TKP dilakukan di sekitaran lokasi kejadian pada KM 91.200 jalur B Tol Cipularang yang mengarah ke Jakarta dan arah sebaliknya.

Dengan adanya proses olah TKP tersebut, Jasa Marga bersama pihak kepolisian memberlakukan kembali rekayasa lalu lintas.

"Untuk mendukung proses olah TKP kita berlakukan rekayasa lalu litnas sejak pukul 09.20 WIB. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan atas adanya pengalihan arus lalu lintas selama pelaksaan olah TKP tersebut," ucap Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru dalam keterangan singkatnya, Selasa (3/9/2019).

Baca juga: Kecelakaan di Cipularang, antara Human Error dan Bahaya Laten

Untuk kendaraan yang akan mengarah ke Bandung, Jasa Marga memberlakukan sistem contraflow sejak dari Km 96 sampai dengan Km 90. Sementara untuk kendaraan dari arah Bandung yang hendak menuju Jakarta, diterapkan sistem pengalihan arus.

Polisi gelar olah TKP kecelakaan beruntun Tol Cipularang Polisi gelar olah TKP kecelakaan beruntun Tol Cipularang

Bagi pengguna jalan yang akan menuju Jakarta dan sekitarnya dialihkan agar keluar di Gerbang Tol Cikamuning. Untuk melanjutkan perjalanan melalui Tol Cipularang, pengendara bisa kembali masuk melalui Gerbang Tol Jatiluhur.

Baca juga: Kecelakaan Tol Cipularang, Ingat Pentingnya Jaga Jarak Aman

Ketika mengkonfrmasi Dirgakkum Korlantas Mabes Polri Brigjen Pol Pujiyono Dulrachman, menjelaskan memang hari ini dijadwalkan ada proses olah TKP hingga siang hari.

"Kita lakukan olah TKP di sekitaran kilometer tersebut, dijadwalakn dari pagi hingga pukul 12.00 WIB. Untuk prediksi awal soal rem blong itu juga nanti akan kita cek semuanya, tidak bisa langsung disimpulkan, ada waktu dan prosesnya," ucap Pujiyono saat dihubungi Kompas.com, Selasa (3/9/2019).

Kecelakaan yang melibatkan puluhan kendaraan di tol Cipularang itu terjadi, Senin (2/9/2019), pada pukul 12.30 WIB.

Polisi tengah melakukan olah TKP kecelakaan beruntun di ruas tol Purbaleunyi, Selasa (3/9/2019).KOMPAS.COM/FARIDA Polisi tengah melakukan olah TKP kecelakaan beruntun di ruas tol Purbaleunyi, Selasa (3/9/2019).

Bahaya laten

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X