[POPULER OTOMOTIF] Plat Nomor Cantik | Toyota Sienta Facelift

Kompas.com - 03/09/2019, 06:02 WIB
Jenis Huruf dan Angka Pada Plat Nomor Cantik dari Ditlantas Polda Metro Jaya untuk Kompas.comJenis Huruf dan Angka Pada Plat Nomor Cantik

JAKARTA, KOMPAS.com - Topik yang menjadi perhatian masyarakat di awal pekan ini, yaitu tentang Polri melakukan ubahan pada jenis huruf dan angka pada plat nomor cantik. Tampilannya dibikin beda dengan plat nomor biasa.

Selain itu, ada juga informasi lain yang menarik, seperti Toyota resmi meluncurkan Sienta Facelift, hingga kehadiran Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal Otomotif pada Senin 2 September 2019:

1. Polri Ubah Jenis Huruf dan Angka pada Plat Nomor Cantik

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) terdiri dua jenis, yaitu pertama normal atau sesuai dengan urutan dan yang kedua nomor cantik. Sebagai pembeda untuk tipe pilihan, pemilik mobil atau sepeda motor harus membayar lagi sesuai dengan aturan.

Sebagai contoh, untuk membuat plat nomor pilihan empat angka tidak ada huruf di belakang Rp 7.500.000. Ada huruf di belakang dikenakan 5.000.000. Besaran biaya yang dikenakan untuk Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) sesuai dengan PP 60 tahun 2016.

Menurut Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sumardji, khusus untuk nomor cantik per 1 Agustus 2019 jenis huruf dan angkanya dibuat beda dengan pelat nomor pada umumnya.

"Kami buat beda karena pemilik mobil yang menggunakan pelat nomor pilihan ini harus membayar lebih, jadi secara kualitas harus kita bedakan. Utamanya hanya pada angka dan hurufnya saja yang berbeda, selebihnya sama," ujar Sumardji kepada Kompas.com, Minggu (1/9/2019).

Baca juga: Polri Ubah Jenis Huruf dan Angka pada Plat Nomor Cantik

2. Ini Biaya Resmi Jika Ingin Pakai Plat Nomor Cantik

Plat nomor mobil milik Mulyadi yang dipalsukan oleh TA dan EBPKOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Plat nomor mobil milik Mulyadi yang dipalsukan oleh TA dan EBP

Masyarakat khususnya pemilik kendaraan bermotor, punya kebebasan untuk menggunakan plat nomor cantik. Sebagai contoh, hanya satu angka dan tidak mau ada huruf di belakangnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X