Suzuki Klaim Merek China Belum Ganggu Ertiga

Kompas.com - 29/08/2019, 10:02 WIB
Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2019 Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak bisa dipungkiri, kehadiran mobil merek China, seperti Wuling, membuat persaingan makin ketat di kelas low multi purpose vehicle ( LMPV). Dengan banderol yang lebih miring serta ragam gimik yang ditawarkan, sangat memungkinkan terjadinya pergeseran dari LMPV Jepang.

Namun demikian, Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim masih sangat percaya diri dengan mobil keluarga andalan, Ertiga. Terlebih setelah ada model penyegarannya di semeter pertama 2019, yakni Ertiga Sport.

Direktur Pemasaran PT SIS Donny Saputra, mengatakan, bila setiap produk memiliki yang namanya Product Attribute Leadership Survey (PALS). Berdasarkan hasil survey tadi, baru sebuah produk bisa ditentukan positioning serta siapa targetnya, dan di akhir juga terlihat berapa banyak penerimaannya.

Baca juga: Ertiga Jadi Mobil Penumpang Terlaris Suzuki di Cirebon

"Setiap merek ada pendekatan dan penawaran yang beda-beda. Tapi harus diingat, bicara mobil maka harus memiliki paket komplet, mulai dari layanan purna jualnya, biaya perawatannya, ketersedian suku cadang, sampai ke resale value," ujar Donny di sela-sela media test drive All New Ertiga di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).

Suzuki ErtigaKOMPAS.com/Gilang Suzuki Ertiga

Donny menjelaskan, mungkin mungkin bagi produk yang datang terlambat ke Indonesia akan membutuhkan usaha lebih dibandingkan merek atau produk yang sudah establish lebih dulu. Karena itu, wajar bila produk-produk baru melakukan suatu pendekatan tertentu ke konsumen.

Namun hal tersebut bukan berarti akan langsung bisa menggarap pasar dengan maksimal, karena menurut Donny kebanyakan konsumen Indonesia memiliki pola pikir yang sudah matang. Artinya akan ada pertimbangan tertentu saat akan membeli sebuah produk.

"Memang banyak penawaran yang diberikan, tapi hasil akhir bisa dilihat sesuai bulanan Gaikindo saja. Ini kan menandakan bila orang Indonesia cenderung beli mobil bukan hanya dari fitur yang didapatkan, tapi paket lengkapnya tadi. Kebanyakan belum beli mobil saja sudah mikir harga jualnya kembali," ujar Donny.

Baca juga: Suzuki Pastikan Ertiga Crossover Diproduksi di Indonesia

Test drive Suzuki All New Ertiga di CirebonPrasPhoto Test drive Suzuki All New Ertiga di Cirebon

Sementara ketika ditanya soal upanya terhadap Ertiga, Donny mengatakan Suzuki selalu memberikan penyegaran di tiap tahun yang mengikuti keinginan dari konsmennya.

"Setiap tahun itu kita lakukan penyegaran, kalau dilihat kita ada terus yang berubah, dari AC-nya, lalu model sport, dan lainnya, jadi tidak ada masalah dengan Ertiga," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X