Tukar Baterai Honda PCX Electric Bisa di Alfamart

Kompas.com - 29/08/2019, 07:41 WIB
Penukaran baterai Honda PCX Electric bisa dilakukan di Alfamart Donny Dwisatryo PriyantoroPenukaran baterai Honda PCX Electric bisa dilakukan di Alfamart

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan New Energy and Industrial Development Organization (NEDO) akan gunakan 300 unit Honda PCX Electric dalam proyek demonstrasi peningkatan efisiensi energi.

Honda PCX Electric ini nantinya akan digunakan di Bandung, Jawa Barat dan Denpasar, Provinsi Bali.

Yusuke Gotto, Vice President Director PT HPP Energy Indonesia, menjelaskan, untuk tahap pertama, 270 unit akan ada di Bandung, Jawa Barat. Sementara 30 unit sisanya, akan ada di Denpasar, Bali.

Baca juga: Kemenperin Pamerkan Proyek Efisiensi Baterai Sepeda Motor Listrik

"Di Bandung, kami akan gunakan skema bisnis B to C, untuk perorangan. Sementara di Denpasar, skemanya B to B, untuk bisnis," ujar Gotto, dalam media briefing proyek percontohan yang dinamakan “The Demonstration Project To Increase Energy Efficiency Through Utilization Of Electric Vehicle And Mobile Battery Sharing”. di Kemenperin, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Kemenperin dan NEDO memulai proyek demonstrasi efisiensi motor listrik.Donny Dwisatryo Priyantoro Kemenperin dan NEDO memulai proyek demonstrasi efisiensi motor listrik.

Gotto menambahkan, ada 1.000 unit pak baterai yang akan disiapkan untuk 300 unit PCX Electric tersebut. Penempatan Battery Exchanger (BEx) untuk pertukaran baterai juga akan dilakukan di Alfamart.

"Di dalam satu BEx tersebut terdapat delapan baterai. Jadi, nantinya pengguna motor listrik bisa menukarkan baterai yang dayanya sudah berkurang dengan baterai yang masih penuh," kata Gotto.

Baca juga: Honda PCX Listrik Masih Berstatus Disewakan

Untuk di Bandung sendiri, nantinya akan ada 10 titik penempatan BEx. Gotto menerangkan bahwa 10 titik tersebut untuk tahap pertama, masih ada tahap kedua dan tahap ketiga. Totalnya nanti akan ada 30 titik BEx.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.