Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Jaga Eksklusivitas Mobil Menteri Jokowi

Kompas.com - 28/08/2019, 19:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Crown 2.5 HV G-Executive resmi menjadi mobil dinas menteri Presiden Jokowi kabinet 2019-2024. Menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang sudah digunakan kabinet sebelumnya.

Meski sudah masuk Indonesia lewat jalur pengadaan khusus, PT Toyota Astra Motor (TAM), selaku APM Toyota di Indonesia, mengatakan, belum tertarik meluncurkan mobil yang sama untuk pasar nasional.

Baca juga: Toyota Crown 2.5 Hybrid Resmi Jadi Mobil Menteri Jokowi

"Crown saat ini belum ada rencana karena peluncuran produk harus melihat berbagai sudut, mulai dari produk dan marketnya. Jadi pada saat ini diskusi kita dengan prinsipal belum ada rencana untuk umum," kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM, di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Mobil menteri Toyota Crown 2.5 HV G-ExecutiveToyota Mobil menteri Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

Anton mengatakan, saat ini pihaknya melihat harga dan segmen Crown 2.5 HV G-Executive belum cocok untuk pasar nasional. Meski pada dasarnya di jajaran produk Toyota, Crown bukanlah model termahal.

"Harga, segmennya besar atau tidak. Kalau Toyota paling mahal itu Century jadi Crown bukan yang paling mahal. Salah satu yang mahal tapi bukan yang paling mahal. Lalu di grup kita ada Lexus juga jadi harus kita lihat juga posisinya ada di mana," katanya.

Anton mengatakan, pemilihan Crown 2.5 HV G-Executive oleh pemerintah dilandasi kebutuhan yang diperlukan. Selain itu memang biasanya suatu produk akan disesuaikan dari berbagai sisi.

Baca juga: Ini Spesifikasi Mobil Menteri Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive untuk mobil dinas baru menteri diimpor dari Jepang. Mobil ini masuk setelah PT Astra International Tbk-TSO memenangkan tender untuk menyediakan 101 unit mobil dinas belum lama ini.

Perkiraan seluruh mobil akan datang pada September mendatang, atau sebelum pelantikan kabinet baru. Sedan mewah ini menggantikan Crown Royal Saloon yang sudah digunakan lebih dari 10 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com