Kompas.com - 28/08/2019, 10:48 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan meluncurkan Smart SIM pada tanggal 22 September 2019 bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

Salah satu keunggulan Smart SIM ini bisa digunakan sebagai uang elektronik semacam e-money. Tapi sifatnya opsional, jika merasa perlu pengguna bisa mengisi saldo ataupun tidak.

Baca juga: Tak Perlu Buru-buru Ganti Smart SIM

Lantas bagaimana jika sudah mengisi saldo kemudian Smart SIM hilang. Apalah saldo yang ada di dalamnya ikut hangus?

Menganggapi hal ini, Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Hery Sutrisman, mengatakan, pada dasarnya jika Smart SIM yang hilang memiliki saldo maka saldonya hangus.

"Hal yang sama seperti uang elektronik yang ada sekarang. Jika kartunya hilang waktu buat baru saldonya hilang," kata Hery Sutrisman, kepada Kompas.com, Rabu (28/8/2019).

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).KOMPAS.com/Devina Halim Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

Hery mengatakan, hal itu terjadi karena pada dasarnya mengenai saldo uang elektronik mengacu pada peraturan yang sudah ditetakan oleh Bank Indonesia. Jadi Polri hanya mengikuti aturan.

"Karena uang elektronik itu melekat pada kartunya atau card base, berbeda dengan sistem server base yang kalau hilang masih ada. Tapi itu setahu saya," kata Hery.

Baca juga: Fitur Pembayaran pada Smart SIM Bisa Dinonaktifkan

Hery menekankan, Smart SIM bukan sekadar SIM dengan tambahan uang elektronik, sebab itu hanya fitur tambahan. Namun Smart SIM merupakan upaya Polri memberikan layanan yang baik untuk masyarakat.

"Jangan hanya disorot untuk e-money-nya saja. Tapi Smart SIM ini upaya untuk meningkatkan layanan masyarakat. Layanannya bertambah, tapi masyarakat tidak dibebankan apapun," kata Heri.

 Polri Luncurkan SIM dengan e-money KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Polri Luncurkan SIM dengan e-money

Seperti diberitakan sebelumnya, fitur pembayaran pada Smart SIM tidak harus untuk diaktifkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.