Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Kasih Sinyal Hadirnya Ertiga Crossover

Kompas.com - 28/08/2019, 08:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.COM - Suzuki resmi merilis Ertiga bergenre crossover bernuansa sport utility vehicle (SUV) di India, yang disebut XL6. Lantas, apakah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai pemegang merek di Tanah Air, akan ikutan merilis Ertiga versi itu?

Menjawab pertanyaan tersebut, Direktur Marketing 4 Roda PT SIS Donny Saputra, mengatakan, melihat dari tren, saat ini pasar low SUV memang cukup menjanjikan di Indonesia.

"LSUV ini menarik, apalagi kalau kita melihat untuk Indonesia yang paling disukai adalah semua hal yang berkaitan dengan tiga baris. Saat ini kita ada tiga SUV, tapi dari tiga itu yang pure SUV baru satu," ujar Donny kepada wartawan di sela-sela media test drive All New Ertiga di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).

Baca juga: Suzuki Ertiga Rasa SUV Resmi Meluncur

Ketiga SUV yang dimaksud oleh Donny saat ini adalah, S-Cross sebagai Crossover, Jimny yang murni sebagai SUV, dan Ignis yang disebut-sebut sebagai Mini SUV meski sejatinya masuk ke segmen mobil kota.

Suzuki XL6, Etiga SUV meluncur di India Suzuki XL6, Etiga SUV meluncur di India

Menurut dia, dengan hadirnya satu produk baru di segmen LSUV yang mengusung konsep tiga baris, akan sangat menarik untuk pasar Indonesia. Terlebih, sebelumnya Suzuki juga sudah punya produk berbasis LSUV, seperti Sidekick, Vitara, dan juga Escudo XL7.

Sayangnya, meski sudah memberikan sinyal kehadiran Ertiga versi LSUV, namun Donny masih enggan untuk membukan keran informasi lebih lanjut, terutama mengenai waktu kehadirannya. Dia hanya mengatakan bila tiap tahun Suzuki akan memberikan penyegaran pada Ertiga.

Baca juga: Begini Tampang Suzuki Ertiga Cross

"Pasarnya memang potensial sekali, yang penting itu tiga baris. Kalau untuk kapan itu belum bisa ngomong, tapi yang pasti apapun nanti yang akan kita jual dan berpotensi menjadi volume, itu pasti akan kita produksi di sini (Indonesia)," ucap Donny.

Suzuki Ertiga Cross XL6 Suzuki Ertiga Cross XL6

Sebelumnya, saat kunjungan fasilitas pabrik Suzuki di Cikarang sebelum melalukan agenda media test drive, salah satu sumber internal Suzuki mengatakan awal 2020 mendatang pabriknya akan memproduksi Ertiga baru.

Ketiga dipertegas apakah modelnya merupakan Ertiga XL6 seperti di India, dia hanya mengatakan bila nantinya tidak akan menggunakan nama tersebut untuk di Indonesia.

"Model barunya mungkin sama seperti Maruti, modelnya hampir sama, tapi kalau dikita nanti namanya XL7," ujar sumber internal Suzuki tersebut kepada media

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com