BrandzView
Artikel ini kerjasama Kompas.com dan Castrol

Macet Jam Pulang Kerja, Awas Mesin Mobil Kepanasan!

Kompas.com - 26/08/2019, 18:00 WIB
Ilustrasi kemacetan SHUTTERSTOCKIlustrasi kemacetan

KOMPAS.com – Thomas (28) menghela nafas panjang tatkala menempuh perjalanan sepulang kerja. Badannya lusuh dan lelah karena seharian beraktivitas di dalam kubikel ruangannya.

Alih-alih bersantai dan menikmati perjalanan pulang dengan nyaman. Thomas justru dihadapkan pada kemacetan panjang tak berujung di jalanan Ibu Kota.

Masalah belum usai sampai di situ. Mobilnya “merengek” dan tiba-tiba berhenti tanpa diminta. Kejadian ini biasa disebut mogok. Harapannya agar segera sampai di rumah tepat waktu pun pupus.

Kejadian yang dialami Thomas di atas mungkin saja pernah Anda alami sebelumnya. Kemacetan pada momen jam pulang kerja memang kerap terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta.

Baca juga: Jangan Teledor, Ingat Jadwal Ganti Oli Mobil Anda!

Pasalnya, pada jam pulang kerja akan banyak pekerja yang ingin pulang ke rumah masing-masing secara bersamaan. Bayangkan, bila setiap hari mobil Anda harus berjuang pada hiruk-pikuk kemacetan terus-menerus seperti itu.

Pada kondisi macet, mesin tersebut dipaksa bekerja maksimal untuk mengejar performa dengan tetap meminimalisasi bahan bakar yang digunakan. Akibatnya, mesin overheat seperti yang terjadi pada mobil Thomas.

Solusi untuk mengatasi hal tersebut pun bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan. Salah satunya dengan menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Selain itu, penggantian oli secara berkala juga wajib dilakukan bila mobil tak ingin terkendala masalah.

Ilustrasi oliSHUTTERSTOCK Ilustrasi oli

Peran vital

Perihal pelumas atau oli mesin pada mobil memang tidak bisa ditawar-tawar. Sebab, oli pada mobil punya fungsi yang sangat vital bagi kinerja mesin.

Beberapa fungsinya antara lain melapisi dua permukaan logam yang saling bergesekan, mendinginkan mesin akibat panas dari pembakaran, serta memelihara mesin tetap terjaga kebersihannya.

Oleh karena itu, oli mesin haruslah selalu dalam kondisi terbaik. Untuk menjaga kualitasnya, Anda patut memperhatikan masa pergantian oli mesin.

Melansir Kompas.com, Rabu (17/7/2019), terdapat dua acuan tentang pergantian oli mesin, yakni berdasarkan jarak tempuh (setiap 10.000 kilometer sekali) ataupun setiap 4-5 bulan sekali.

Selanjutnya, hal yang harus diperhatikan pemilik mobil adalah jenis oli yang digunakan. Sepatutnya, gunakan oli sesuai dengan spesifikasi mesin pada mobil Anda.

Ilustrasi berkendara mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi berkendara mobil

Ada baiknya, Anda juga harus memakai oli yang berkualitas, seperti oli mobil Castrol Magnatec.

Asal tahu saja, oli mobil Castrol Magnatec memiliki keunggulan molekul pintar dengan teknologi self-healing layer. Molekul pintar ini berbeda dengan molekul lainnya yang mudah terkikis dari permukaan mesin ketika menyala.

Sebab, molekul pintar akan membentuk lapisan pelindung untuk mengganti beberapa bagian yang terhempas selama pemakaian. Sebagai informasi tambahan, teknologi ini juga akan melindungi mesin mobil secara maksimal dan memberikan perlindungan 20 persen lebih baik terhadap keausan mesin.

Hal inilah yang menjadikan oli mobil Castrol Magnatec cocok digunakan untuk perawatan mesin mobil lebih optimal. Dengan begini, kasus mogok mobil seperti yang dialami oleh Thomas bisa dihindarkan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya