Universitas Mulai Ajukan Uji Tipe Kendaraan Listrik

Kompas.com - 26/08/2019, 08:22 WIB
Mobil listrik mahasiswa yang bisa dijajal di IIMS 2018. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIMobil listrik mahasiswa yang bisa dijajal di IIMS 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era kendaraan listrik, bukan hanya produsen otomotif saja yang akan berkontribusi mengenalkan kendaraan listriknya. Beberapa universitas ternyata juga mulai mengajukan uji tipe untuk kendaraan listrik buatan mereka sendiri.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjanjikan akan menyiapkan kebijakan untuk memberikan insentif dan kemudahan bagi pihak-pihak yang akan melakukan uji tipe kendaraan mobil listrik.

Baca juga: Tahap Awal, Produsen Otomotif Boleh Impor Mobil Listrik

"Contohnya seperti ada beberapa universitas yang sudah berupaya untuk mengajukan uji tipe," ujar Budi, dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “ Kendaraan Listrik sebagai Solusi Polusi Udara dan Pengurangan Penggunaan BBM” di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Mobil listrik android di Pavilliun Indonesia, IIMS 2015Aditya Maulana, KompasOtomotif Mobil listrik android di Pavilliun Indonesia, IIMS 2015

Budi menambahkan, Kementerian Perhubungan sangat terbuka. Menurutnya, dunia pendidikan juga memberikan suatu perhatian yang luar biasa.

"Oleh karenanya kami mengharapkan kolaborasi yang baik dari regulator, industriawan, dan pelaku-pelaku usaha transportasi," kata Budi.

Baca juga: Era Mobil Listrik Dimulai, Indonesia Masih Bingung Daur Ulang Baterai

Sayangnya, Budi tidak menyebutkan universitas mana saja yang sudah berupaya untuk mengajukan uji tipe kendaraan listrik tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X