Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Bikin Mobil Jadi Kinclong Sedang Tren

Kompas.com - 24/08/2019, 12:56 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis membuat tampilan mobil menjadi kinclong atau istilahnya Coating sedang tren. Kondisi ini bisa dilihat dari semakin banyak unit usaha dibidang melindungi cat pada bodi mobil di pasar.

Secara fungsi, coating ini mampu melindungi cat pada bodi mobil dari oksidasi, goresan-goresan halus serta memberi efek kilap lebih lama.

"Semakin banyak bengkel yang menawarkan jasa itu kepada pemilik mobil. Itu artinya sedang menjadi tren, karena secara kebutuhan pun ikut meningkat," ujar Christopher Sebastian, Presiden Direktur Makko Group kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Fungsi Coating untuk Mobil Bekas

Christopher melanjutkan, yang perlu digaris bawahi konsumen jangan sembarangan dalam memilih produk atau tempat coating. Sebab, tidak sedikit yang hasilnya di bawah rata-rata, tetapi harganya dipatok tinggi.

"Oleh karena itu, kami mencoba memberikan rekomendasi tempat dan produk coating yang terbaik untuk mobil konsumen," kata Christopher yang memiliki tempat coating Topcoat itu.

Berikut daftarnya:

1. Topcoat

Topcoat merupakan produk dari bengkel modern yang bergerak di bidang perawatan mobil khususnya detailing dan coating. Produk ini menjadi yang terbaik saat ini karena mempunyai kualitas di atas nano ceramic, yaitu sapphire serum dengan kadar kekerasan 9H+ 5Mohs.

Keunggulan dan manfaat coating Topcoat, antara lain lebih tahan goresan, kilap ekstrim, superior hydrophobic, super oleophobic, tahan terhadap hujan dan panas sampai 700 derajat Celcius, mencegah karat dan oksidasi, tahan 1000x cuci, bersifat permanen dan membuat stabil warna cat.

2. Scuto

Scuto adalah paint protection dengan teknologi nano ceramic plus atau yang biasa disebut laminating, merupakan paint protection berbahan keramik, diproses dengan teknologi nano menjadikan partikel keramik memiliki ukuran nano atau 0,0000001 meter.

3. XTO Car Care

Produk perawatan mobil yang bukan hanya melapisi permukaan cat tetapi juga masuk dan mengikat kuat secara permanen ke dalam pori-pori cat.

Coating Xto mempunyai kelebihan antara lain melindungi permukaan cat dari penuaan akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari, ketahanan yang luar biasa terhadap bahan kimia dengan PH 2-11, tahan gores karena lapisan coating yang kuat keras namun licin.

Baca juga: Salah Kaprah soal Coating Mobil

Lapisan coating bertahan sampai bertahun-tahun dan hanya akan hilang jika dengan proses abrasi, kekerasan lapisan coating mencapai ketebalan 3 micron dan mempunyai sifat fleksibel sehingga tidak merusak struktur lapisan untuk area tekukan atau area yang tidak datar.

4. CS-II

Lini produk premium paint protection buatan USA di bawah bendera CS-II International inc. CS-II memiliki 3 teknologi yaitu Double Nano Protection, Ultra Ceramic Protection dan Titanium Technology Protection.

Titanium Technology Protection merupakan superior paint protection coating dengan titanium protection yang tahan terhadap api dan mempunyai hasil kilap jangka panjang.

"Coating mobil memang bukanlah sebuah keharusan, namun bisa jadi wajib jika ingin melindungi mobil dari hal-hal yang dapat membuat tampilannya terlihat kusam dan tidak indah," kata Christopher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com