5 Mobil Keluarga Harga Murah yang Cocok di Lokasi Calon Ibu Kota Baru

Kompas.com - 23/08/2019, 06:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah bocoran tentang lokasi ibu kota baru Indonesia di Kalimantan dalam beberapa hari ke lalu naik ke permukaan. Kabar terbaru, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menyebut Provinsi Kalimantan Timur memiliki peluang terbesar.

Presiden RI Joko Widodo, tepatnya pada Mei 2019 juga pernah mengunjungi salah satu satu lokasi bernama Bukit Soeharto di Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Lokasi ini diperkirakan akan jadi ibu kota negara Indonesia, pengganti DKI Jakarta.

Lalu, direncanakan pula bahwa pusat kenegaraan Indonesia ini akan berada di ruang terbuka hijau. Maka tak menutup kemungkinan, lokasi ibu kota baru nanti tak jauh dari area perhutanan.

Baca juga: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Anies: Kegiatan Ekonomi Akan Tetap di Jakarta

Perpindahan ini akan menimbulkan berbagai hal berbeda, termasuk kendaraan yang bakal beredar. Sebab, kontur jalan di Kalimantan Timur sungguh beda dari Jakarta.

Kalimantan Timur memiliki banyak jalanan menanjak dan curam, berbatu (belum semuanya di aspal), serta potensi bencana banjir pada wilayah yang dekat dengan hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) cukup tinggi.

Maka, mobil keluarga yang tepat untuk menaklukkan kondisi jalan seperti itu adalah yang memiliki ground clearance tinggi dan telah dilengkapi fitur Hill Start Assist (HSA). Sebab, fitur itu mampu menahan laju mobil dalam waktu beberapa detik agar tidak mundur saat berhenti di tanjakan meski rem tidak diinjak.

Berdasarkan kondisi itu, paling tidak ada lima mobil keluarga harga murah yang cocok untuk menghuni calon ibu kota Indonesia baru ini. Berikut yang tim Kompas.com rangkum:

Tes drive Mitsubishi Xpander Tes drive Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander

Produk andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Xpander, memiliki fitur yang lengkap sebagai mobil tangguh untuk keluarga di samping desainnya yang fenomenal.

Berdasarkan spesifikasi pabrikan, penantang mobil sejuta umat Toyota Avanza ini telah dilengkapi HSA, Active Stability Control (ASC), Pedestrian Protector, Emergency Stop Signal (ESS), Cruise Control, Lane Change Turn Signal System, hingga Anti-Lock Braking System (ABS).

Baca juga: Ragam Diskon MPV Murah di Agustus 2019, Xpander Tembus Rp 15 Juta

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.