Reaksi Honda Sepeda Motor Dituding Biang Polusi Udara

Kompas.com - 22/08/2019, 07:22 WIB
Konvoi yang dilaksanakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan jaringannya ini melintasi jalur Hotel The Radiant - Jalan Cirebon-Kuningan ? Jalan Baru -  Sangkan hurip Hot Spring - Bandorasa - Jalan Raya Jalaksana ? Jalan Linggarjati dan finish di Museum Linggarjati, Kuningan. KOMPAS.comKonvoi yang dilaksanakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan jaringannya ini melintasi jalur Hotel The Radiant - Jalan Cirebon-Kuningan ? Jalan Baru - Sangkan hurip Hot Spring - Bandorasa - Jalan Raya Jalaksana ? Jalan Linggarjati dan finish di Museum Linggarjati, Kuningan.

SEMARANG, KOMPAS.com - Belum lama ini Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) mengatakan, sepeda motor merupakan moda transportasi yang paling banyak menyumbang polusi udara di Jakarta.

Ahmad Safrudin, Direktur Eksekutif KPBB, menjelaskan, motor memperoleh angka paling besar yaitu 44,53 persen, yang dihitung KPBB berdasarkan kalkulasi jumlah kendaraan di seluruh wilayah Jakarta.

Baca juga: Harga BBM di Indonesia Termahal dengan Kualitas Terendah

Thomas Wijaya, Direktur Marketing, Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, belum melihat data yang dibuka oleh KPBB secara rinci. Pastinya Honda dalam hal ini akan memenuhi segala aturan yang berlaku.

"Datanya seperti apa kita juga mesti bicara data ke data, yang dimaksud dengan polusi emisi itu. Kami belum lihat datanya, karena ada jika ada data maka bisa dilihat dampaknya," kata Thomas di Semarang, belum lama ini.

Baca juga: Menakar Ambisi Indonesia Produksi Kendaraan Listrik di Tanah Air

Menurut data KPBB motor menghasilkan lebih banyak polusi dibandingkan dengan mobil diesel, bensin, bus, truk, atau bajaj sekalipun. Hal ini terjadi karena pembakaran dan volume motor yang sangat banyak di Jakarta.

"Walaupun kami harus melakukan penyesuaian, ya tentu aturannya akan diubah. Kami tentu akan mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah yang ada," kata Thomas.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X