Kompas.com - 21/08/2019, 13:48 WIB
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu ujian dalam kompetisi teknisi tahunan, Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2019 adalah penyelesaian permasalahan kelistrikan.

Menariknya, dalam AHM-TSC 2019 peserta tidak menggunakan multimeter (alat pengukur) digital melainkan analog. Peserta dituntut kembali ke cara dasar dengan alat ukur yang presisi.

Baca juga: Pemenang Astra Honda Motor Technical Skill Contest 2019

Agung Prasetyo, juara 1 AHM-TSC 2019 kategori teknisi dari Astra Motor Semarang, mengatakan, penggunaan multimeter analog cukup menyulitkan karena selama ini sudah biasa pakai digital.

"Kalau digital hasilnya sudah angka, tapi analog pakai jarum. Itu yang sulit. Jadi seperti balik ke basik. Tujuannya saya rasa itu, supaya kita tidak terlalu tergantung alat," kata Agung kepada Kompas.com, di Selasa (20/8/2019).

Astra Honda Motor Technical Skill Contest 2019Foto: AHM Astra Honda Motor Technical Skill Contest 2019

Multimeter merupakan alat untuk mengukur tegangan, arus dan hambatan pada berbagai bagian kelistrikan. Untuk AHM-TSC 2019, digunakan untuk mengukur arus dan hambatan pada koil.

Baca juga: Tantangan Kompetisi Teknisi Honda Makin Berat Tiap tahun

Menaikkan Skill
Thomas Wijaya, Direktur Marketing AHM, mengatakan, penggunaan multimeter analog saat kontes supaya para peserta teknisi lebih teliti dalam perkerjaannya.

"Kompetisi ini merupakan bukti keseriusan Honda untuk mengembangkan sumber daya manusia sejalan dengan teknologi terbaru pada motor Honda," kata Thomas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.