Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan HUT RI dengan Touring, Perhatikan Ini

Kompas.com - 18/08/2019, 07:50 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan kegiatan touring masih populer, khususnya untuk para pecinta roda dua. Apalagi pada tahun ini HUT RI jatuh pada akhir pekan.

Namun, jangan sampai kegembiaraan ketika touring mengalahkan rasa waspada akan potensi risiko yang bisa saja muncul. Selalu jaga stamina dan awas terhadap tunggangan kesayangan.

"Khususnya untuk teman-teman yang lanjut touring hingga besok. Saat ini, udara sedang kurang bersahabat, anginnya besar. Jadi jangan sampai perut kosong atau tidak makan. Ketika sakit berkendara tidak akan menyenangkan," kata Samuji dari Komunitas Pelat E StreetFire Cirebon (Plastric) yang sekaligus menjadi Road Captain acara 'CB150R StreetFire Convoi Merdeka' kepada Kompas.com di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2019).

Baca juga: Rayakan 17 Agustus dengan Touring, Komunitas Wajib Jaga Kondisi

Terkait kendaraan, ia menyarankan setiap berhenti lakukan cek pada bagian lampu, kaki-kaki, hingga mesin dan sebagainya. Terutama pada rantai kendaraan karena sering luput dari perhatian, ini khusus untuk motor non-matik.

"Pastikan rantai pada kondisi yang ideal, jangan terlalu kencang ataupun kendur. Karena ketika motor melibas jalanan berlubang, rantai bisa putus atau copot," ujarnya.

Lalu selalu ingat bahwa setiap pengguna jalan memiliki hak dan kewajiban yang sama. Maka jangan egois dalam menggunakan jalanan umum.

"Mengingat jalanan bakal ramai karena hari libur, kurangi menggunakan bendera di jalan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Hal ini bisa mendatangkan bahaya karena potensi bendera copot, menghindari pandangan, mengganggu pandangan pengguna jalan lain, dan lain-lain," kata Samuji lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com