Cerita Panjang Merek Esemka Hadir di Indonesia

Kompas.com - 15/08/2019, 06:12 WIB
Pembangunan pabrik Esemka di Boyolali Stanly/KompasOtomotifPembangunan pabrik Esemka di Boyolali
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Esemka menjadi merek mobil karya anak bangsa tidak mudah. Pertama kali namanya muncul pada 2012, ketika itu dipopulerkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kala itu masih menjabat Wali Kota Solo, Jawa Tengah.

Esemka awalnya merupakan gagasan Sukiyat, pemilik bengkel Kiat Motor. Kala itu sering membantu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang otomotif di wilayah Solo dan Jawa Tengah.

Adanya Sukiyat dan ketertarikan Jokowi kala itu membuat nama Esemka mulai terdengar di Indonesia. Esemka waktu itu digadang sebagai mobil karya anak bangsa buatan siswa SMK Solo.

Jokowi bahkan sempat mengganti kendaraan dinasnya memakai mobil Esemka, sehingga gaung Esemka makin terdongkrak. 

Joko Widodo, saat masih menjabat Wali Kota Solo, menaiki mobil Esemka Rajawali, melakukan kunjungan ke kantor Warta Kota, Kompas Gramedia, Jakarta, Minggu (26/2/2012).   TRIBUN NEWS/DANY PERMANA Joko Widodo, saat masih menjabat Wali Kota Solo, menaiki mobil Esemka Rajawali, melakukan kunjungan ke kantor Warta Kota, Kompas Gramedia, Jakarta, Minggu (26/2/2012).

Karir Jokowi pun melaju sejalan dengan meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap Esemka. Namun hal itu tak bertahan lama, gaung Esemka memudar saat Jokowi hijrah menjadi Gubernur Jakarta.

Tak lama menjadi orang nomor satu di Jakarta, Jokowi kemudian masuk bursa calon presiden pada 2014. Saat itu, Jokowi menang, Esemka makin tenggelam, karena tidak punya brand ambassador sekaliber Jokowi lagi.

Hidup Esemka kemudian terkatung-katung disebut karena permasalahan modal. Pengembangan mandek. Sukiat sebagai penggagas pun tidak ikut lagi dalam Esemka. Melainkan berdiri sendiri membuat PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI).

"Saya itu memang yang gagas Esemka, tapi itu dulu saat awal-awal sampai prototipe yang kesembilan. Esemka sekarang sudah tidak ada kaitannya dengan Kiat," kata Kiat kepada Kompas.com di Klaten, Jawa Tengah, Senin (8/10/2018).

Pabrik Esemka di Boyolali dengan papan nama PT Solo Manufaktur Kreasi.STANLY RAVEL Pabrik Esemka di Boyolali dengan papan nama PT Solo Manufaktur Kreasi.

Punya Pabrik

Sempat turun-naik, kabar mobil Esemka terdengar lagi. Esemka dengan nama perusahaan, PT Solo Manufaktur Kreasi menggebrak dan memiliki pabrik di Desa Demangan, Boyolali, Jawa Tengah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X