Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benelli Patagonian Eagle Bobber, dari Diler Langsung Diacak-acak

Kompas.com - 14/08/2019, 17:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Benelli Patagonian Eagle (PE) benar-benar berhasil menarik minat para pecinta motor custom. Seperti halnya yang terjadi pada Adrian, pemilik Benelli PE yang langsung membawa motornya tersebut dari showroom untuk di-custom.

Aris, builder dari Puspa Kediri Custom (PKC), yang dipercaya untuk menggarap motor ini menceritakan langsung hal tersebut. Sang pemilik yang lebih sering menghabiskan waktu untuk dinas luar kota ini ingin sekali memiliki motor custom.

Baca juga: Benelli Patagonian Eagle Tracker, Tanpa Potong Sasis

"Motor ini setelah dibeli, langsung diantar ke sini. Surat-suratnya bahkan belum jadi. Pemiliknya juga belum pernah punya atau mengendarai motor custom. Dia bawa sendiri contoh atau referensi yang dia inginkan," ujar Aris, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Referensi yang diberikan adalah motor bobber semi chopper, dengan suspensi depan yang panjang. Aris yang paham konsumennya tersebut masih pemula, menyesuaikan suspensinya agar tidak berbahaya.

Benelli Patagonian Eagle dengan konsep bobberKompas.com/Donny Benelli Patagonian Eagle dengan konsep bobber

Proses pengerjaan dilakukan semuanya di PKC. Benelli PE ini ditelanjangi hingga tersisa mesin dan suspensi depannya saja. Untuk rangka, Aris tidak asal mengerjakannya.

"Saya sesuaikan tinggi badan pemilik dengan desain rangka yang akan dibuat. Perlu dilakukan fitting atau penyesuaian terlebih dahulu, agar pemiliknya tetap nyaman saat berkendara," kata Aris.

Baca juga: Benelli Patagonian Eagle Bobber Karya Katros Garage

Jok dibuat model single-seat, setang lebar, dan bagian tangki juga dibentuk ulang dengan kapasitas mencapai 8 liter. Knalpot juga dibuat sepasang, kanan dan kiri, yang menjulang ke atas di bagian belakangnya.

Agar terlihat lebih rapih dan bebas dari kabel-kabel, Aris menempatkan semua yang berhubungan dengan kelistrikan di tempat khusus yang berada di bawah jok.

Benelli Patagonian Eagle dengan konsep bobberKompas.com/Donny Benelli Patagonian Eagle dengan konsep bobber

“Hampir keseluruhan besi-besi yang menempel di motor ini dibuat secara hand made. Sementara selebihnya kita beli aksesori aftermarket, seperti pelek TK berukuran 21 inci di depan dan 16 inci di belakang, serta beberapa aksesori lainnya,” ujar Aris.

Data spesifikasi Benelli PE Bobber:
Ban depan: Shinko 21-300
Ban belakang: Shinko 16-500
Pelek depan: TK 21 inci
Pelek belakang: TK 16 inci
Lampu depan: Daymaker
Lampu sein: Aftermarket
Tangki, jok, dan knalpot: Custom PKC

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com