Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Karburator Jangan Pakai Bensin

Kompas.com - 14/08/2019, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suara kasar atau bunyi brebet pada sepeda motor model lama biasanya disebabkan karburator yang kotor. Tapi jika ingin membersihkan karburator sebaiknya jangan menggunakan bensin.

Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco Indonesia, mengatakan, untuk membersihkan karburator dan injektor sebaiknya gunakan cairan pembersih yang memang dikhususkan.

Baca juga: Negara-negara Ini Kembangkan Kendaraan Bertenaga Listrik, Apa Faedahnya?

"Kami tidak menyarankan membersihkan karburator dengan menggunakan bensin atau solar karena bisa menyebabkan karet yang ada di dalamnya menjadi getas dan mudah sobek," katanya, Rabu (14/8/2019).

Tomy mengatakan, cara kerja cairan ini adalah membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Kalau cairannya bagus akan dapat pula membersihkan kerak didalamnya.

"Biasanya pembersih karburator dan injektor sepeda motor ini dapat membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali," katanya.

Baca juga: Meremajakan Mobil Diesel dengan B50, Seberapa Tepat?

Aryanto pemilik bengkel Zona Speed yang berlokasi di Jatiwarna, Bekasi, mengatakan, menggunakan pelumas khusus pembersih karburator dapat lebih mudah menyingkirkan kerak yang membandel.

"Kerak yang nempel di karburator dan throtle body langsung luntur," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com