Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Bersihkan Jok Mobil dari Fabric

Kompas.com - 14/08/2019, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jok mobil termasuk bagian mobil yang mudah kotor. Lapisan pada jok fabric alias bahan selalu bersentuhan dengan pengemudi atau penumpang, sehingga risiko kotor karena ketumpahan makanan atau minuman juga sangat tinggi.

Yussanto, Business Development Manager Lederlux, menjelaskan, salah satu bahan dasar pelapis jok yang paling banyak digunakan adalah fabric. Jok dari bahan dasar ini sebenarnya nyaman untuk dipakai, tapi paling rentan terhadap kotoran, seperti debu atau kotoran cair.

Baca juga: Modifikasi Jok Mobil, Perhatikan 7 Hal Berikut

"Selain itu, bau tidak sedap juga bisa menempel pada pelapis jok berbahan dasar kain. Bau disebabkan karena kotoran bercampur dengan bakteri," ujar Yussanto, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Yussanto, untuk pelapis jok berbahan dasar kain, cara membersihkannya paling mudah. Cukup siapkan sabun deterjen dan sikat yang berbulu halus.

Baca juga: Efek Negatif Material Fabric pada Jok Mobil

"Masukkan sikat ke dalam air yang telah diberi sabun deterjen. Lalu, sikat jok tersebut berulang kali, yang penting jangan terlalu basah," kata Yussanto.

Yussanto menambahkan, sebelum disikat, sebaiknya disedot terlebih dahulu menggunakan vacuum cleaner agar kotoran halusnya terangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com