Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Tampilan Bodi Mobil di Musim Kemarau

Kompas.com - 13/08/2019, 15:50 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim kemarau, tampilan kendaraan juga jadi lebih cepat kotor. Sebab, banyak debu-debu berterbangan yang menempel di seluruh bodi mobil. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan secara berkala juga untuk menjaga tampilan luar mobil.

Paskalis Carol, Marketing Support HD Car Care, menyarankan untuk mencuci mobil minimal satu kali dalam seminggu. Sebab, jika debu-debu terlalu tebal, akan sangat mudah menghasilkan baret-baret halus.

Baca juga: Pilih Lap Microfiber untuk Bersihkan Bodi Mobil

"Untuk itu, bisa lakukan pemberian wax setelah mobil dicuci bersih. Dengan wax, dapat mengurangi proses goresan halus ketika membersihkan debu-debu ringan," ujar Paskalis, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Paskalis menambahkan, dengan pemberian wax, debu yang menempel bukan pada bagian pernis atau clear coat, melainkan pada wax itu sendiri. Jadi, akan lebih baik dalam melindungi cat mobil dari goresan halus akibat debu-debu.

Baca juga: Mana Lebih Baik, Coating atau PPF buat Bodi Mobil?

"Bagian interior juga perlu perawatan. Umumnya, dashboard akan sangat rentan jika terlalu sering terpapar sinar matahari. Sebaiknya, dalam seminggu sekali diberikan cairan pelindung khusus interior," kata Paskalis.

Jika debu-debu mulai terlihat tebal, sebaiknya dicuci. Jangan hanya dilap menggunakan kain lap basah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com