Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Motor Dovizioso yang Taklukan Marquez di GP Austria

Kompas.com - 12/08/2019, 17:45 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Austria ditutup dengan aksi mengejutkan Andrea Dovizioso yang menyalip Marc Marquez di tikungan akhir. Torehan tersebut membuat Ducati tak terkalahkan selama empat kali berturut di Red Bull Ring.

"Marc sangat sulit dilewati sehingga saya memutuskan untuk melakukan hal gila di tikungan akhir. Dan itu berhasil," katanya dilansir dari MotoGP.com, Minggu (11/8/2019).

Bila melihat spesifikasi motor, aksi Dovi terbilang nekat. Sebab, Ducati Desmosedici GP19 miliknya tidak lebih unggul dibanding tunggangan Marquez, Honda RC213V versi 2019 saat melaju di tikungan.

Dilansir situs resmi Ducati, motor bermesin 1.000 cc tersebut berkonfigurasi V4 90 derajat evo desmodromic DOHC, empat katup per silinder, berpendingin cairan. Motor mampu mengembuskan tenaga lebih dari 250 dk.

Baca juga: Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Dovi: Saya Harus Lakukan Hal Gila

Andrea Dovizioso tengah mengendalikan motornya pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, 31 Mei 2019. AFP/TIZIANA FABI Andrea Dovizioso tengah mengendalikan motornya pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, 31 Mei 2019.

Mendapat dukungan dari transmisi Ducati Seamless Transmission dan sistem pengabutan indirect electronic injection, Dovi mampu melesat lebih dari 350 kpj.

Kombinasi tersebut membuat Ducati Desmosedici sebagai kendaraan roda dua yang diunggulkan di trek lurus.

Demi menambah performa berkendara di sirkuit, Ducati menyematkan suspensi depan upside down Ohlins 48 mm dan suspensi belakang Ohlins yang dibekali new factory evolution damping system. Pengeremannya, motor dipercayai rem Brembo dengan dua piringan karbon berukuran 340 mm di depan.

Sedangkan bagian belakangnya, Ducati Desmosedici GP19 dibekali satu rem cakram stainless steel dengan kaliper dua piston.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com