Bawa Balita Berkendara, Biasakan Pakai Car Seat Bayi

Kompas.com - 05/08/2019, 14:32 WIB
Car Seatreviewsletter.com Car Seat

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini, masih banyak orang tua yang lebih memilih memangku dan memeluk anak ketika di dalam mobil. Padahal, hal tersebut tidak aman dan nyaman untuk si anak.

Anak-anak membutuhkan keamanan khusus saat berkendara. Oleh sebab itu, menggunakan car seat adalah salah satu upaya menyediakan keamanan dan kenyamanan untuk mereka.

Wahyu S Minarto, Inisiator SafeKids Indonesia menyatakan, tidak membiasakan anak digendong saat berada di mobil menandakan bahwa orang tua tersebut peduli dengan keselamatan anaknya.

"Sebab saat anak digendong, maka ia tidak terlindungi. Saat tabrakan terjadi misalkan, meski mobil hanya 40 kilometer per jam, gaya yang dirasakan anak sama seperti jatuh dari lantai 3. Jadi sebaiknya menggunakan car seat yang sesuai dengan usianya," kata paman Billie, panggilan akrabnya kepada Kompas.com, Jakarta, Sabtu (3/8/2019).

Baca juga: Ingat Lagi Sanksi Langgar Ganjil Genap

Zeneth Ayesha Thobarony, Spesialis Car seat dari SafeKids Indonesia menambahkan pentingnya menggunakan car seat untuk anak yang sesuai dengan usianya.

"Sandaran dan settingan sabuk pengaman pasti berbeda. Misalkan sabuk yang terpasang di dalam mobil, itu didesain sesuai dengan badan orang dewasa. Begitu juga dengan car seat, ukurannya beda-beda sesuai usia dan berat badan anak," kata dia.

"Jadi sebelum digunakan, pastikan bahwa car seat sudah sesuai. Sehingga perjalanan jadi nyaman dan aman untuk si anak dan juga orang tua," kata Zeneth lagi.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X