Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki FXR 150, Motor Sport yang Lampaui Zaman

Kompas.com - 01/08/2019, 13:24 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jauh sebelum GSX-R150 eksis, Suzuki pernah punya motor sport fairing 150 cc yang kini jadi legenda, Suzuki FXR 150. Motor ini pertama dijual pada tahun 2000, impor dari Suzuki Leon Malaysia.

Kehadiran FXR150 boleh dibilang pertaruhan Suzuki yang membawa motor sport 150 cc 4-tak. Padahal di eranya, pasar motor fairing yang paling besar ialah 2-tak, mulai Kawasaki Ninja 150, Honda NSR 150 dan Yamaha TZM 150.

Baca juga: Shogun, Kisah Sukses Suzuki di Motor Bebek

Sosok FXR 150 mencuri perhatian dengan desain yang agresif tapi cukup elegan. Contohnya ialah desain headlamps, fairing setengah dan undercowl besar yang tampak masih cukup keren hingga saat ini.

FXR 150 pun lahir saat Suzuki sedang berjaya di MotoGP atau saat itu masih Grand Prix 500 cc, bahkan lebih ''hype'' daripada GSX-R150 yang saat ini ada Alex Rins. Saat itu Kenny Roberts Jr meraih Juara Dunia GP 500 cc musim 2000. Serta pebalap asal Spanyol Sete Gibernau.

Tak pelak salah satu livery andalan FXR 150 dan mungkin yang paling laku ialah Telefonica Movistar Suzuki. Livery warna biru metalik yang dihiasi grafis ''ketupat'' kuning terang ala chequered flag.

Iklan Suzuki FXR 150Foto: Ist/Otomotifnet Iklan Suzuki FXR 150

Selain sosoknya yang menarik, fitur pada model pengganti Suzuki RG 150/RGV 150 ini sering disebut melampaui zamannya. Suzuki tidak pelit dan memberikan banyak nilai tambah untuk konsumen.

Baca juga: Alasan Suzuki Lambat Bergerak Luncurkan Motor Baru

Kaki-kaki Suzuki FXR 150 mengusung pelek palang, rem cakram depan belakang. Suspensi depan teleskopik, sedangkan yang belakang monoshock dan dapat disetel empat tingkat. Lengan ayun sebelah kanan model pisang sebagai jalur knalpot.

Klaster instrumen sudah digital dengan berbagai pembacaan mulai speedometer takometer, tripmeter, odometer, indikator BBM serta posisi gir. Rangkanya model twinspar atau biasa disebut deltabox.

Mesin 147 cc, silinder tunggal, 4-tak menghasilkan 20.11 tk dan torsi 18 Nm. Dibekali diameter x langkah 62.0 x 48.8 mm, putaran mesinnnya cukup tinggi di angka 13.000 rpm dan punya nilai kompresi 10.7:1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com