7 Sikap Tubuh Dasar Berkendara Aman Bagi Pemotor

Kompas.com - 31/07/2019, 09:42 WIB
Kompetisi keselamatan berkendara kembali diselenggarakan Honda di Medan, Sumatera Utara Kompas.com/Setyo AdiKompetisi keselamatan berkendara kembali diselenggarakan Honda di Medan, Sumatera Utara

MEDAN, KOMPAS.com - Tingginya angka kecelakaan bermotor terutama roda dua membuat kesadaran terhadap perilaku berkendara perlu terus ditumbuhkan. Ini terutama untuk pengendara pemula yang banyak menggunakan pilihan motor skutik sebagai sarana transportasinya.

Intruktur keselamatan berkendara dari PT Indako Trading Medan, Eka Yolahati mengungkapkan ada tujuh sikap tubuh yang perlu dilakukan pengendara pemula, laki-laki maupun perempuan, untuk keselamatan di jalan.

"Pertama pandangan mata. Pandangan harus lurus ke depan dengan sesekali memperhatikan kiri kanan atau sekeliling motor namun hanya sepersekian detik," ucap Eka saat ditemui Selasa (30/7/2019).

Selain pandangan, pengendara motor juga tidak boleh mengandalkan kaca spion untuk melihat kondisi sekeliling kendaraan. Ini karena kaca spion masih memiliki titik buta yang membuat kendaraan lain tidak terlihat.

Kedua adalah sikap tubuh yakni pundak, harus rileks untuk mencegah kelelahan saat berkendara. Ketiga lengan yang harus membentuk siku untuk kesiapan tubuh bermanuver.

Baca juga: Honda Cari Jawara Instruktur Keselamatan Berkendara

"Kalau lengan lurus, saat melakukan pengereman akan sakit. Jadi tekuk seperti suspensi atau lengan ayun," ujar Eka yang ikut meramaikan acara Astra Honda Safety Riding Instructor Competition kategori wanita dengan menggunakan skutik.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah genggaman jari tangan di tuas gas, harus empat jari penuh. Begitu juga saat pengereman, harus empat jari dan hindari penggunaan hanya dua jari.

Pengereman dengan empat jari akan membuat tuas gas tertutup dan kendaraan melambat. Pengereman dua jari hanya dilakukan untuk keperluan balap dan bukan cara tepat untuk berkendara aman di jalan raya.

Kelima adalah posisi pinggul harus duduk sempurna di atas jok. Untuk mendapatkan posisi nyaman biasanya pengendara berdiri sebentar lalu duduk menempatkan pantatnya tepat di jok.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X