Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Hybrid Toyota Terjual Puluhan Unit di GIIAS 2019

Kompas.com - 30/07/2019, 08:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak hanya sukses menuai ribuan surat pemesanan kendaraan (SPK) untuk mobil bermesin konvensional, tetapi juga berteknologi elektrifikasi. Merek penguasa pasar otomotif di Indonesia itu mengaku berhasil menjual C-HR Hybrid hingga puluhan unit selama GIIAS 2019.

Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan, selama sebelas hari pameran (18-28 Juli 2019) mobil hybrid terjual cukup memuaskan. Di mana, C-HR Hybrid memberi kontribusi sebesar 60 persen di antara mobil hibrida Toyota.

"C-HR Hybrid selama GIIAS 2019 terjual 55 unit," saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Senin (29/7/2019).

Torehan tersebut sekaligus membuat kendaraan ramah lingkungan yang diperkenalkan pada April lalu itu menjadi paling laris di kelasnya sepanjang semester pertama tahun 2019.

Baca juga: Toyota Rush Bayangi Penjualan Avanza di GIIAS 2019

"Berdasarkan data tiga bulan, C-HR Hybrid bisa mengalahkan penjualan Camry Hybrid dan Alphard Hybrid. Selama April-Juni 2019 bisa 180-an unit. Padahal selama ini kontribusi di segmen Hybrid (di Toyota) dipegang oleh Camry," kata Soerjo lagi dikesempatan terpisah.

"Toyota Camry Hybrid, sejak tahun 2009 kontribusinya 90 persen di segmen ini," lanjutnya.

All New Toyota Camry Hybrid All New Toyota Camry Hybrid

Hal tersebut berkat harga Toyota C-HR Hybrid yang jauh lebih bersahabat dibanding produk mobil ramah lingkungan lainnya. Mobil dibanderol Rp 525,35 juta untuk versi satu warna (single tone) dan Rp 524,85 juta untuk versi dua warna (two tone).

Baca juga: Jawaban Toyota Tentang Fenomena Mobil Murah

"Dari awal kita berkeinginan untuk C-HR Hyrbid menjadi tonggak, batu loncatan untuk produk hybrid khususnya Toyota di Indonesia. Jadi harus kita berikan harga spesial, selain karena memang komponennya sedikit berbeda," ujar Soerjo.

Sebagai informasi, Toyota C-HR Hybrid memadukan mesin pembakaran internal konvensional dengan motor listrik yang bertenaga baterai. Untuk mesin konvensional, crossover ramah lingkungan ini menggunakan dapur pacu berkode 2ZR-FXE dengan tenaga mencapai 100 ps dan motor listrik yang bertenaga 36 ps. Maka, total daya C-HR hybrid mencapai 136 ps.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com