Kompas.com - 25/07/2019, 18:40 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) telah memulai penjualan motor mini Honda Monkey di ajang GIIAS 2019. Motor dengan mesin 125 cc tersebut ternyata mengusung fitur canggih di dalamnya.

Salah satunya adalah sensor Inertial Measurement Unit (IMU). Sensor ini berfungsi sebagai pembaca gerak sepeda motor. Untuk di motor berkubikasi besar seperti motor balap, arah gerak yang dibaca bisa terdiri dari enam aksis (datar, atas bawah, miring).

Aplikasinya beragam, motor dapat memberikan tenaga atau besaran tekanan pada pengereman agar berkendara jadi lebih mulus dan aman.

IMU di Monkey hanya membaca dua arah yakni depan belakang dan atas bawah. Sensor ini ditujukan untuk mendukung kinerja pengereman ABS satu channel.

Baca juga: Honda Monkey Bisa Dicicil 5 Tahun di GIIAS 2019

Sensor IMU bekerja bersama ABS di Honda MonkeyKompas.com/Setyo Adi Sensor IMU bekerja bersama ABS di Honda Monkey

"Hadirnya IMU untuk bekerja bersama dengan perangkat rem ABS satu channel. Tujuannya agar motor tidak melakukan stoppie saat pengereman darurat dilakukan," ucap Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno saat ditemui Rabu (25/7/2019).

Kehadiran perangkat IMU dan ABS ini dibuat agar keamanan pengendara Monkey lebih terjaga. Motor kecil ini memiliki jarak sumbu roda yang pendek sehingga memiliki tendensi untuk bisa terjungkal saat pengereman darurat.

Baca juga: Fitur Honda Monkey Z125 yang Bisa Cegah Motor Terjungkal

Cara kerjanya, sensor kecepatan di roda depan dan belakang berserta IMU memberikan input pada modul ABS. Saat kecepatan kedua roda terdeteksi berbeda maka modul ABS akan memerintahkan untuk rem depan tidak mengunci.

Letak IMU Monkey sendiri berada di bagian bawah modul ABS. Perangkat ini dilindungi pembungkus karet untuk menjaga dari getaran di jalan.

IMU termasuk perangkat sensitif untuk itu saat penanganan perangkat ini wajib berhati-hati. Bila perangkat ini terjatuh maka perangkat IMU harus diganti.

Honda Monkey dibanderol Rp 65 juta on the road. Terdapat tiga warna pilihan yakni Banana Yellow, Pearl Nebula Red dan Pearl Shining Black.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.