Punya Mesin Sama, Performa Jimny dan Ertiga Beda

Kompas.com - 23/07/2019, 19:16 WIB
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Suzuki Jimny di GIIAS 2019

TANGERANG, KOMPAS.com - Suzuki Jimny generasi ke-4 resmi dijual Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada ajang GIIAS 2019. Dibanderol mulai Rp 315 juta, mobil baru ini hanya tersedia dalam satu varian mesin yakni 1.500 cc.

Menariknya, bila melihat data teknis, dapur pacu  Suzuki Jimny tidak berbeda dengan Suzuki Ertiga yakni berkode K15B dengan kubikasi 1.462 cc, 4-silinder, serta ukuran bore dan stroke masing-masing 74 mm dan 84 mm. Benarkah demikian?

Dikonfirmasi, Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak menampik hal ini. Meski begitu, performa yang dihasilkan pada mesin tersebut berbeda-beda.

Baca Juga : Fitur yang Hilang pada Jimny di Indonesia

"Peruntukkan Jimny dan Ertiga berbeda, oleh sebab itu setting-an pun beda. Ertiga lebih mengejar efisiensi dan penggunaannya sebagai mobil keluarga sedangkan Jimny disesuaikan agar memudahkan kegiatan off-road dengan roda penggerak 4x4," kata Yulius di GIIAS 2019, Tangerang, Senin (22/7/2019).

Oleh sebab itu, jangan heran bila output yang dikeluarkan Jimny berbeda dengan Ertiga. Di mana Ertiga, memiliki tenaga lebih besar yakni 103,2 dk pada putaran ke 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm di 4.400 rpm.

Sementara Jimny, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 100,6 dk pada putaran ke 6.000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm di 4.000 rpm.

Baca Juga : 11 Aksesori Suzuki Jimny yang Sudah Tersedia di GIIAS 2019

"Engineering kami pasti sudah melakukan studi dan evaluasi lebih dahulu sebelum memasukkan mesin pada suatu kendaraan supaya mobil mendapatkan tenaga optimal. Maka memang dengan konfigurasi 4x4, pengaturan mesin seperti itu sudah optimal untuk Jimny," ucap Yulius.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X