Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Mesin Sama, Performa Jimny dan Ertiga Beda

Kompas.com - 23/07/2019, 19:16 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Suzuki Jimny generasi ke-4 resmi dijual Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada ajang GIIAS 2019. Dibanderol mulai Rp 315 juta, mobil baru ini hanya tersedia dalam satu varian mesin yakni 1.500 cc.

Menariknya, bila melihat data teknis, dapur pacu Suzuki Jimny tidak berbeda dengan Suzuki Ertiga yakni berkode K15B dengan kubikasi 1.462 cc, 4-silinder, serta ukuran bore dan stroke masing-masing 74 mm dan 84 mm. Benarkah demikian?

Dikonfirmasi, Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak menampik hal ini. Meski begitu, performa yang dihasilkan pada mesin tersebut berbeda-beda.

Baca Juga : Fitur yang Hilang pada Jimny di Indonesia

"Peruntukkan Jimny dan Ertiga berbeda, oleh sebab itu setting-an pun beda. Ertiga lebih mengejar efisiensi dan penggunaannya sebagai mobil keluarga sedangkan Jimny disesuaikan agar memudahkan kegiatan off-road dengan roda penggerak 4x4," kata Yulius di GIIAS 2019, Tangerang, Senin (22/7/2019).

Oleh sebab itu, jangan heran bila output yang dikeluarkan Jimny berbeda dengan Ertiga. Di mana Ertiga, memiliki tenaga lebih besar yakni 103,2 dk pada putaran ke 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm di 4.400 rpm.

Sementara Jimny, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 100,6 dk pada putaran ke 6.000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm di 4.000 rpm.

Baca Juga : 11 Aksesori Suzuki Jimny yang Sudah Tersedia di GIIAS 2019

"Engineering kami pasti sudah melakukan studi dan evaluasi lebih dahulu sebelum memasukkan mesin pada suatu kendaraan supaya mobil mendapatkan tenaga optimal. Maka memang dengan konfigurasi 4x4, pengaturan mesin seperti itu sudah optimal untuk Jimny," ucap Yulius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com