Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPV Hybrid Murah Daihatsu Lahir Berkat Indonesia

Kompas.com - 23/07/2019, 17:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi menampilkan mobil konsep HY-Fun di ajang GIIAS 2019. Mobil yang datang dalam bentuk multi purpose vehicle (MPV) ini hadir dengan teknologi hibrida yang digadang-gadang akan digunakan Daihatsu di masa mendatang.

Secara tampilan, HY-Fun mengusung tampilan desain aerodinamis dengan memamerkan sudut-sudut tajam yang kental aura agresif. Gril depan yang tajam dikemas dengan kesan futuristik yang bisa memancarkan warna biru muda untuk mengesankan high tech.

Siluet samping yang melandai hingga bagia belakang juga cukup menarik. Apalagi bodinya polos tanpa ada gagang pintu yang kemudian disokong lagi dengan kehadiran pelek sporty berdimensi 20 inci berwarna gelap.

Baca juga: MPV Hybrid Murah Daihatsu Bukan Penerus Xenia

Daihatsu HY-Fun GIIAS 2019 Daihatsu HY-Fun GIIAS 2019

MPV Hybrid murah Daihatsu ini juga telah dilengkapi dengan fitur side door closing motion yang bisa dibuka-tutup secara bersamaan antara pintu baris pertama dan kedua. Untuk membukanya, tak perlu menggunakan remote atau sampai menyentuh bodi lantaran HY-Fun sudah dibekali fitur face recognition.

Fitur tersebut berguna untuk membaca gestur tubuh melalui sensor yang telah disematkan guna membuka dan mengunci pintu mobil. Selain terlihat canggih, adanya fitur tersebut diklaim jauh lebih aman.

Daihatsu HY-Fun GIIAS 2019 Daihatsu HY-Fun GIIAS 2019

Masuk ke bagian interior, kabin HY-Fun banyak dijejali dengan amibience lamp yang lagi-lagi digunakan untuk mengentalkan nuansa hi-tech pda MPV hibrida ini.

Menariknya, konfigurasi jok baris pertama dapat diputar sampai menghadap belakang untuk mempermudah pengemudi dan penumpang di sebelahnya untuk keluar-masuk kendaraan dan saling berkomunikasi.

HY-Fun hadir dengan mengusung platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan sudah sudah full connected yang memungkinkan pengguna untuk menyalakan atau mematikan mesin, AC (Air Conditioner), dan membuka jendela melalui device smartphone pengguna tanpa harus masuk ke dalam mobil.

Daihatsu HY-Fun GIIAS 2019 Daihatsu HY-Fun GIIAS 2019

Pengguna juga dapat memonitor lokasi tepat mobil ini melalui device, serta terkoneksi dengan seluruh jaringan outlet Daihatsu, sehingga lebih aman dan nyaman.

Hy-Fun juga mendukung fitur full entertainment yang dapat terintegrasi dengan device pengguna, untuk mendengar lagu, dan bermain games yang didukung dengan empa unit VR (Virtual Reality) masing-masing pada baris pertama dan kedua.

Dengan adanya fitur voice command dan New Smart Assist, semakin memberikan kemudahan dan keamanan pada pengguna dalam menggunakan mobil ini sehari-hari.

Baca juga: MPV Hybrid Murah Daihatsu Siap Diproduksi Lokal?

Saat menanyakan pengembangan desain dan konsepnya, Marketing Director PT ADM Amelia Tjandra, megatakan HY-Fun seluruhnya dibuat di Jepang. Namun ide dari fitur-fitur yang disematkan mengacu pada survei yang dilakukan oleh Daihatsu pada konsumen di Indonesia.

Daihatsu HY-Fun GIIAS 2019 Daihatsu HY-Fun GIIAS 2019

"Konsep mobil ini untuk milenial dan memang dikembangkan di Jepang tapi semua ide atas fitur-fitur yang disematkan itu murni dari survei yang kita lakukan di Indonesia. Kami berharap mobil ini dapat menjadi inspirasi dan salah satu pilihan terbaik untuk masyarakat Indonesia di masa mendatang," ujar Amelia kepada wartawan di GIIAS 2019, ICE, BSD, Tangerang, Selasa (23/7/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com