Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancam Mobil Jepang, Wuling Masuk Jajaran Mobil Terlaris

Kompas.com - 23/07/2019, 10:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Selama dua tahun kehadirannya di Indonesia, Wuling Motors berhasil menjadi salah satu merek mobil yang dijadikan pilihan alternatif.

Berdasarkan rapor tahunannya tahun lalu (2018), Wuling bahkan berhasil masuk dalam 10 mobil terlaris di Indonesia.

Hal ini tak lepas dari komitmen Wuling di tanah air yang dapat terlihat dari banyaknya produk dan outlet layanan purna jual yang dihadirkan dalam waktu singkat. Lantas bagaimana langkah Wuling tahun ini?

Dian Asmahani, Brand Manager SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) menyatakan bahwa pihaknya akan terus berkembang dan memantapkan diri sebagai salah satu dari 10 merek mobil penumpang terlaris di Indonesia.

Langkah tersebut akan diwujudkan dari penambahan diler menjadi 120 outlet hingga akhir 2019.

Baca Juga : Alasan Wuling Hadirkan Varian Almaz 7-Penumpang

"Bila melihat kondisi saat ini, kita ingin fokus dan memantapkan diri di posisi ke-6 sebagai mobil penumpang terlaris di Indonesia. Sebab Wuling masih baru, produk yang ditawarkan pun belum banyak (masih empat produk)," kata Dian di GIIAS 2019, Tangerang, Senin (22/7/2019).

Wuling Almaz hadir dengan fitur WInd di GIIAS 2019Kompas.com / Setyo Adi Wuling Almaz hadir dengan fitur WInd di GIIAS 2019

Dalam beberapa tahun ke depan, lanjut Dian, seiring banyaknya outlet dan respon masyarakat maka Wuling Motors akan terus menghadirkan produk baru yang sekiranya sesuai dengan warga Indonesia.

"Wuling Motors akan jangka panjang di Indonesia. Selain diler bertambah dan layanan purna jual lainnya, pasti akan ada produk baru menyusul. Namun informasi lebih lanjut ditunggu saja, saat ini kita ingin fokus memantapkan diri dahulu dengan empat model kendaraan Wuling," ucap Dian.

Sebagai informasi, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (wholesales) Wuling Motors Indonesia tahun lalu berhasil mencatat penjualan sebanyak 17.002 unit (wholesales). Angka ini naik lebih dari tiga kali lipat dibanding penjualan pada tahun 2017 yang hanya 5.050 unit.

Baca Juga : Cerita Fitur Perintah Suara Wuling Almaz Bisa Bahasa Indonesia

Saat itu Wuling hanya memiliki tiga model kendaraan yakni Confero sebagai kontributor penjualan terbesar, Cortez, dan Formo. Wuling Almaz baru dilahirkan pada semester pertama tahun 2019.

PT SGMW Indonesia (Wuling Motors) meluncurkan mobil baru Almaz varian terendah, dengan harga termurah di GIIAS 2019.KOMPAS.com/Aditya Maulana PT SGMW Indonesia (Wuling Motors) meluncurkan mobil baru Almaz varian terendah, dengan harga termurah di GIIAS 2019.

Performa baik Wuling tersebut berhasil menyalip beberapa merek Jepang yang sudah lebih dulu eksis di Indonesia seperti Nissan, Datsun, serta Mazda.

Berikut daftar merek mobil paling laris berdasarkan angka penjualan wholesales sepanjang tahun 2018:

1. Toyota: 362.161 unit
2. Daihatsu: 202.738 unit
3. Honda: 162.170
4. Mitsubishi Motors: 142.861 unit
5. Suzuki: 118.014 unit
6. Isuzu: 26.098 unit (gabungan dengan niaga).
7. Wuling: 17.002 unit
8. Datsun: 10.433 unit
9. Nissan: 6.885 unit
10. Mazda: 5.657 unit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com