Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Proses Pengembangan Jimny Generasi Keempat

Kompas.com - 22/07/2019, 06:32 WIB
Aditya Maulana

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Suzuki Jimny generasi keempat resmi dijual di Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen pemegang merek (APM) meluncurkan sport utility vehicle (SUV) itu di ajang GIIAS 2019 pada 18 Juli 2019.

Dibanding generasi ketiga, Jimny terbaru ini mengalami sejumlah ubahan yang cukup signifikan. Secara tampilan tetap mempertahankan kesan boxy, kompak dan fungsional.

Hiroyuki Yonezawa, Chief Engineer Jimny Suzuki Motor Corporation (SMC) mengatakan, dalam proses pengembangan desain, SMC melakukan riset mendalam dengan mewawancarai para pengguna kendaraan off road profesional.

Tujuan utama untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap kendaraan tangguh diberbagai medan ekstrem. Selain itu, SMC mendengarkan tanggapan para pecinta Jimny yang telah mengikuti uji kendara prototipe untuk menguji fungsi dan performa Jimny generasi keempat secara langsung.

Baca juga: Spesifikasi Suzuki Jimny Generasi Keempat

“Secara keseluruhan, rancangan Jimny generasi keempat dibuat untuk memberikan pengalaman mengemudi yang andal di berbagai medan, baik untuk pengguna mobil sehari-hari sampai pengendara off-road profesional. Jimny terbaru ini hadir dengan desain yang lebih eksklusif, namun tetap membawa gaya khas yang dicintai oleh para penggemar Jimny lintas generasi,” Hiroyuki.

Selain itu, model sekararang juga tidak hanya mengandalkan keindahan yang dihasilkan oleh performa, tetapi juga kepraktisan pada fitur-fiturnya.

Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Suzuki Jimny di GIIAS 2019

Fitur-fitur seperti Ladder Frame, 4WD dengan jangkauan gigi roda rendah dan rigid axle suspension yang diwariskan dari generasi sebelumnya, dikembangkan lebih jauh lagi untuk meningkatkan performa, kenyamanan dan keamanan saat berkendara.
 
Desain eksterior Jimny memiliki sudut-sudut tegas yang menjaga kendaraan agar tetap kokoh dan stabil. Beberapa fitur eksterior menggabungkan berbagai elemen rancangan yang disematkan pada generasi sebelumnya, sehingga menciptakan tampilan klasik Jimny dengan sentuhan yang lebih modern.

Sementara, interior dibuat lebih praktis dengan detail-detail fungsional, seperti fitur Panel Control, AC Auto Climate serta bagasi yang lebih fleksibel dan dilengkapi luggage box.

"Melalui kelengkapan fungsi yang menyeluruh, Jimny ini diciptakan sebagai Jimny yang memiliki desain terbaik dalam sejarah Jimny, sehingga dapat diterima dan semakin dicintai oleh konsumen," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com