[POPULER OTOMOTIF] Bisa Pilih Nopol Sendiri | Jenis Pelanggaran Tilang Elektronik

Kompas.com - 18/07/2019, 06:02 WIB
Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik. KOMPAS.com/ GHULAM M NAYAZRIKamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi mengenai rencana Korlantas Polri memberlakukan aturan pilih pelat nomor sendiri masih menjadi perhatian masyarakat. Regulasi baru ini bakal diterapkan dalam waktu dekat dan tahap awal hanya di tiga wilayah, yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Sumatera Utara.

Selain itu, masyarakat juga masih banyak yang belum tahu jenis pelanggaran pada penerapan tilang elektronik.

Penasaran, berikut ini lima berita terpopuler di kanal Otomotif pada Rabu 17 Juli 2019:

1. Ketahui Perbedaan Antara Pilih Nopol Cantik dan Nopol Sendiri

Contoh pelat nomor yang akan diidentifikasi untuk menentukan tarif jalan tol dalam sistem multilane free flow.Autostradetech.it Contoh pelat nomor yang akan diidentifikasi untuk menentukan tarif jalan tol dalam sistem multilane free flow.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 280  mengatakan, setiap kendaraan wajib mencantumkan nomor identitas, yaitu pelat nomor.

Sementara pasal 68 ayat 1 berbunyi, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Baca selengkapnya: Ketahui Perbedaan Antara Pilih Nopol Cantik dan Nopol Sendiri

2. Penting, Ini 4 Jenis Pelanggaran yang Kena Tilang Elektronik

Tilang elektronikdok.Ditlantlas Polda Metro Jaya Tilang elektronik

Kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( e-TLE) sudah berhasil menjaring ribuan pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas sejak diterapkan awal Juli 2019.

Menurut data dari TMC Polda Metro Jaya, pelanggaran tersebut didominasi oleh pengendara yang tidak mengenakan sabuk pengaman dan kendaraan yang tidak mematuhi ganjil-genap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X