Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Dongkrak Penjualan Mitsubishi di Pontianak

Kompas.com - 16/07/2019, 08:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kalimantan Barat menjadi salah satu pasar potensial bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Bukan hanya di segmen kendaraan niaga ringan, tapi juga kendaraan penumpang yang saat ini penyerapannya cukup tinggi.

Berdasarkan data penjualan sepanjang Januari hingga Mei 2019 lalu, Xpander yang bermain di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) sukses menguasai pasar dengan perolehan 32 persen di Pontianak. Jumlah tersebut diklaim lebih besar dibandingkan pencapaian secara nasional.

"Untuk nasional Xpander market-nya sekitar 28-29 persen, bersaing ketat dengan rival utamanya di kelas itu. Jumlah 32 persen untuk Xpander di Pontianak ini di atas pencapaain nasional," ucap Direktur Pemasaran dan Penjualan PT MMKSI Irwan Kuncoro, usai peresmian diler Gemilang Berlian Indah di Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (15/7/2019).

Baca juga: Ini Diler Pertama Mitsubishi di Pontianak

Menurut Irwan, Xpander cukup mendapat perolahan positif karena mampu menjawab kebutuhan konsumen di Pontianak. Hal ini lantaran karakteristik yang dihadirkan Xpander sangat berbeda dengan LMPV sebelumnya, mulai dari segi desain, kelapangan sebagai mobil tujuh penumpang, sampai penampilan yang mengusung DNA ala sport utility vehicle (SUV).

"Ini sesuai dengan tagline yang diberikan untuk Xander, the next generation MPV. Kita menghadirkannya beda dibandingkan LMPV sebelumnya, mengkombinasikan utilitas MPV dan desain SUV, gorund clearance Xpander juga tinggi," ucap Irwan.

Mitsubishi Xpander di Pontianak Mitsubishi Xpander di Pontianak

Sementara untuk tulang punggung utama Mitsubishi di Pontianak, masih dikuasai oleh jenis kendaraan niaga ringan, Triton dan L300. Keduanya menominasi pasar dengan pencapaian 58 persen dan 73 persen pada periode Januari hingga Mei 2019.

Direktur Utama PT Gemilang Berlian Indah Sjamsiar A.B, menjelaskan penjualan Xpander di Pontianak sampai saat ini cukup baik. Terlebih setelah suplainya mulai lancar yang membuat konsumen tak perlu lagi lama menunggu inden.

Baca juga: Berburu Xpander dan Avanza Seken

"Sekarang kita rata-rata sudah ready stok untuk Xpander, konsumen tidak menunggu lama lagi. Untuk target di Pontianak kita pasang 65 unit perbulan, setelah itu urutan keduanya ada Pajero Sport. Kita akan upayakan agar penjualannya bisa terus meningkat," kata Sjamsiar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com