Cara Honda Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi

Kompas.com - 15/07/2019, 17:02 WIB
Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019. istimewaLomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) secara konsisten mewujudkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi industri. Salah satunya, melalui implementasi kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di 688 Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) mitra binaan yang tersebar di 34 provinsi.

Kali ini AHM berkolaborasi dengan Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas mendukung penuh penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019. Dukungan itu diwujudkan dengan penyelenggaraan LKS SMK 2019 bidang Motorcycle Maintenance & Repair.

LKS SMK sendiri merupakan kompetisi tahunan antar siswa SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. Tahun ini Yogyakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan LKS SMK 2019 tingkat nasional tepatnya di selenggarakan di Jogja Expo Center (8-13/7/2019).

Baca juga: Penghapusan Data Kendaraan jika STNK Mati 2 Tahun Berlaku Tahun Ini

"Tahun ini merupakan tahun pertama penyelenggaraan LKS SMK tingkat nasional untuk bidang Motorcycle Maintenance & Repair. Hal tersebut menjadi salah satu tonggak sejarah bagi komitmen Honda dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi industri.” ungkap Technical Service Region Head Astra Motor Yogyakarta Hery Suryo Indratno dalam siaran resmi, Senin (15/7/2019).

Tahun pertama bidang Motorcycle Maintenance & Repair, 33 peserta perwakilan dari berbagai provinsi di penjuru Indonesia berkompetisi sesuai bidangnya. Pesertanya merupakan siswa SMK binaan yang telah berkolaborasi dengan berbagai pelaku industri otomotif.

Seluruh peserta di wajibkan melalui berbagai tingkat penilaian. Mulai Head Cylinder Assembly, Suspension Assembly, Electrical Analysis, Measurement, Cam Chain Assembly, hingga Troubleshooting.

Baca juga: Mulai Tahun Ini, Perpanjang STNK Harus Lulus Uji Emisi

Berdasarkan hasil seluruh rangkaian penilaian, Juara 1 LKS SMK 2019 tingkat nasional diraih oleh Syahroni dari SMKN 1 Bendo Magetan – Jawa Timur, Juara 2 dan Juara 3 secara berurutan diraih oleh  Geraldy Gautama Ali dari SMKN 2 Pangkalpinang – Bangka Belitung dan Agung Rizqi Pratama dari SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro – D.I.Yogyakarta.

Selain dalam bentuk lomba kompetensi dalam bidang Motorcycle Maintenance & Repair, perhelatan LKS SMK 2019 Honda juga menghadirkan seminar teknologi Honda, edukasi Safety Riding, dan pameran teknologi Hybrid Honda yang saat ini produknya sudah dapat dimiliki oleh masyarakat melalui produk Honda PCX Hybrid.

“Kami ucapkan selamat kepada para juara. Semoga dukungan Honda terhadap pelaksanaan LKS SMK 2019 ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan vokasi industri di Yogyakarta dan Indonesia pada umumnya," kata Hery.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X