Fitur dan Performa Hyundai Kona

Kompas.com - 15/07/2019, 16:41 WIB
Hyundai Kona KOMPAS.com/RulyHyundai Kona
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun bertubuh kecil, Hyundai Kona telah dilengkapi sejumlah fitur hiburan, kenyamanan, dan keamanan yang cukup lengkap. Sehingga mobil diklaim cocok untuk digunakan di dalam kota maupun luar kota.

Berada di dalam kabin Hyundai Kona terbilang menarik. Karena, nuansa futuristik kian terasa dengan hadirnya latar serba hitam yang diberi sentuhan garis-garis merah atau hijau (tergantung warna eksterior mobil yang dipilih) di jok, sabuk pengaman, kisi-kisi AC, dan sekitar tuas transmisi.

Dasbornya memang rata-rata adalah berbahan plastik. Tapi di beberapa titik seperti armrest (sandaran tangan) tengah dan pintu sudah dilapisi kulit sehingga sedikit lebih empuk.

Hyundai KonaKOMPAS.com/Ruly Hyundai Kona

Terlepas itu semua, Hyundai Kona memiliki head unit yang bersistem android dengan ukuran cukup besar yakni 9 inci. Di sana, pengemudi maupun penumpang bisa menikmati radio, YouTube, sampai navigasi dari Google Maps.

Tidak sampai disana, terdapat juga kalkulator, google chrome, bahkan play store. Head unit juga bisa memonitoring ponsel lewat Wi-Fi.

Tapi, Hyundai Kona masih menggunakan antena standar untuk mendukung performa head unit tersebut. Ketepatan navigasi yang disajikan sering kali kurang sigap dibuatnya.

Hyundai Konakompas.com/Ruly Hyundai Kona

Baca Juga: Plus-Minus Interior Hyundai Kona

Prihal fitur keselamatannya, mobil kompak terbaru dari Hyundai ini sudah dilengkapi enam airbags yang berada di depan, samping kiri dan kanan, serta curtain airbag. Ada juga sensor parkir empat titik di belakang dan kamera mundur.

Rem cakram dengan ABS empat channel dan EBD menambah rasa aman ketika berkendara Hyundai Kona. Tak lupa terdapat Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist, Electronic Speed Controller, Tire Pressure Monitoring System, serta Downhill Brake Control.

Sayangnya, mobil belum menggunakan rem parkir elektrik.

Hyundai KonaKOMPAS.com/Ruly Hyundai Kona

Seperti mobil kekinian, Hyundai Kona juga menggunakan passive keyless entry. Jadi, mengunci dan membuka pintu bisa dengan menekan tombol hitam kecil yang berada di pegas pintu. Sedangkan untuk mengaktifkan mobil, hanya tekan tombol start stop button saja.

Fitur lainnya yang berada di mobil adalah spion lipat otomatis, cruise control, pengatur lampu projector, sistem pendingin dengan full automatic temperature control, serta 2 USB Port, AUX, dan Power Outlet di bagian tengah.

Hyundai KonaKOMPAS.com/Ruly Hyundai Kona

Berbicara tenaga, Hyundai Kona mengusung mesin 4 silinder segaris DOHC, Dual CVVT berkapasitas 2.000 cc dengan teknologi pembakaran Atkinson Cycle. Berkatnya, mobil memiliki tenaga maksimum 149 hp di 6.200 rpm dan torsi maksimum 183 nm pada 4.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke dua ban depan dengan menggunakan transmisi 6-percepatan Torque Converter. Pengemudi juga dapat memilih tiga mode berkendara yakni Eco, Sport, dan Normal atau Comfort.

Mesin Hyundai KonaKOMPAS.com/Ruly Mesin Hyundai Kona

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X