Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti ECU Airbag Rush yang Kena Recall Cuma 30 Menit

Kompas.com - 15/07/2019, 14:22 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM) melakukan kampanye perbaikan massal (recall) pada model Rush produksi akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2018. Total mencapai 60.000 unit, karena mengalami masalah pada Curtain Shield Airbag.

Otomatis, mobil yang mengalami masalah itu harus datang ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan proses penggantian ECU Airbag.

"Jadi yang kita ganti itu ECU Airbag-nya, tidak lama hanya sekitar 30 menit sudah selesai," ujar  Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto ketika dihubungi Kompas.com, Senin (15/7/2019).

Pria yang akrab disapa Soerjo itu pun mengimbau kepada konsumen untuk segera datang ke bengkel, karena komponen yang bermasalah itu sudah tersedia di seluruh bengkel resmi Toyota.

Baca juga: Airbag Bermasalah, Toyota Recall 60.000 Rush di Indonesia

"Jadi kita siapkan semuanya, sekitar 60.000 unit dan diharapkan segera datang untuk diganti. Paling penting, tidak dipungut biaya alias gratis," kata Soerjo.

Permasalahan pada Rush itu disebabkan karena adanya potensi di mana curtain airbag dapat mengembang secara tidak sengaja pada kondisi tertentu karena adanya pemprograman komputer yang tidak sesuai.

Toyota merekomendasikan para pemilik Rush, untuk mengecek kendaraannya melalui berbagai saluran komunikasi yang disiapkan khusus demi memberikan kemudahan bagi para pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com